Pemekaran Kabupaten Renah Indojati di Pesisir Selatan: Meningkatkan Kemakmuran dan Pembangunan Cepat

Pemekaran Kabupaten Renah Indojati di Pesisir Selatan: Meningkatkan Kemakmuran dan Pembangunan Cepat

Pemekaran Kabupaten Renah Indojati di Pesisir Selatan: Meningkatkan Kemakmuran dan Pembangunan Cepat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUMATERA BARAT, PALPOS.ID - Pemekaran Kabupaten Renah Indojati di Pesisir Selatan: Meningkatkan Kemakmuran dan Pembangunan Cepat.

 

Dalam perkembangan terbaru, muncul wacana pembentukan sebuah kabupaten baru di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Pesisir Selatan. 

 

Kabupaten baru ini akan diberi nama Kabupaten Renah Indojati, hasil pemekaran dari Kabupaten Pesisir Selatan yang memiliki luas wilayah mencapai 5.749 kilometer persegi. 

 

Keputusan ini dinilai pantas mengingat luas wilayahnya yang empat kali lebih besar dari Kabupaten Padang Pariaman dan bahkan sedikit lebih luas dari Provinsi Bali yang memiliki 8 kabupaten dan 1 kota dengan luas 5.6 ribu kilometer persegi.

 

BACA JUGA:Rencana Pemekaran Wilayah di Provinsi Sumatera Barat: Memahami Langkah-Langkah Menuju Pembangunan Lebih Lanjut

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok Selatan Pilih Provinsi Puncak Andalas atau Sumatera Tengah

 

Kabupaten Pesisir Selatan, yang terdiri dari 15 kecamatan dan 182 nagari atau desa, memiliki jumlah penduduk sekitar 516 ribu jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022. 

 

Saat ini, sudah ada enam kecamatan yang siap bergabung di Kabupaten Renah Indojati, dengan total jumlah penduduk mencapai 116 ribu jiwa lebih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: