Pemuda Tani OKI Dorong Minat Milenial Geluti Sektor Pertanian

Pemuda Tani OKI Dorong Minat Milenial Geluti Sektor Pertanian

Ketua Pemuda Tani Nelayan Kabupaten OKI, M Alki Ardhiansyah saat berfoto bersama para pemuda tani di Pendopo Kabupaten, Rabu (1/11/2023).-Foto : Istimewa-

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID - Generasi muda menjadi tumpuan pertanian ekonomi hijau berkelanjutan guna memperkuat ketahanan pangan.

Dengan melibatkan generasi muda  di sektor pertanian menurut Pemuda Tani Nelayan Andalan Nasional (KTNA) Kabupaten Ogan Komering Ilir akan menjaga regenerasi petani.

"Keterlibatan anak muda untuk menjaga regenerasi petani demi ketahanan pangan," ungkap Ketua Pemuda Tani Nelayan KTNA Kabupaten OKI, M Alki Ardhiansyah Iskandar di Kayuagung, Rabu, (1/11/2023).

BACA JUGA:Lantik Pemuda Tani OKI, Panca Sebut Banyak Pemuda Meninggalkan Pertanian

Menurutnya, minat anak muda saat ini sangat rendah untuk bergelut sebagai petani. Salah satunya faktornya karena adanya persepsi pendapatan yang dianggap kecil dari hasil bertani.

“Karena adanya paradigma petani Pendapatannya kecil, sulit sejahtera padahal sektor ini menjanjikan,” ungkapnya.

Untuk itu ujar Alki, misi pengurus Pemuda Tani KTNA OKI, yaitu meningkatkan minat anak muda ke sektor pertanian melalui modernisasi pertanian dan membekali mereka dengan jiwa wirausaha.

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi, Pemkab OKI Berikan Perhatian Serius

“Jadi, bukan hanya sekedar bercocok tanam, tetapi juga bisa menciptakan peluang dengan penghasilan yang besar,” tuturnya.

Sementara, Wakil Bupati OKI, HM Djafar Shodiq mengemukakan, sektor pertanian memiliki nilai tawar yang cukup tinggi untuk dimaksimalkan potensinya untuk membangun kesejahteraan masyarakat.

"Apalagi OKI ini lumbung pangan Sumatera Selatan. Sektor pertanian ini sangat strategis dan vital perannya perlu keterlibatan anak muda. Anak muda punya peluang untuk mengembangkan sektor pertanian," imbuhnya.

BACA JUGA:Lantik 7 Kades Terpilih, Bupati OKI Titipkan Harapan Warga

Ia menambahkan, petani harus bisa berinovasi, terus bersemangat untuk belajar agar sektor pertanian terus bertumbuh dan melaju. Dirinya optimis kelompok Pemuda Tani KTNA di OKI mampu berkontribusi membangun OKI untuk meningkatkan produktovitas pertanian.

"Di masa depan pemuda KTNA yang di hadapan kita inilah yang menjadi tonggak kemajuan pertanian di OKI," tandasnya.

Turut dihadir dalam pelantikan, Ketua Ketua Pemuda Tani Nelayan KTNA Provinsi Sumsel, Panca Akbar dan Ketua KTNA Provinsi Sumsel, M.Basyir serta Forkompida di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKI.*/ril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: