Telkomsel dan ZTE Luncurkan Solusi Revolusioner "MarineMobile" untuk Nelayan

Telkomsel dan ZTE Luncurkan Solusi Revolusioner

Telkomsel dan ZTE Luncurkan Solusi Revolusioner "MarineMobile" untuk Nelayan--humas telkomsel

PALPOS.ID-Aksi kolaborasi spektakuler antara Telkomsel dan ZTE Corporation terus membara dengan peluncuran MarineMobile, sebuah terobosan teknologi dalam bentuk solusi komunikasi seluler jangkauan jarak jauh.

Solusi ini tidak hanya mengatasi tantangan operasional nelayan, tetapi juga meningkatkan hasil laut di wilayah maritim Gorontalo hingga mencapai 11%.

Dibangun atas komitmen bersama yang diumumkan dalam Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona pada 27 Februari lalu, kolaborasi ini membawa peningkatan kapabilitas jaringan 5G berbasis pita frekuensi 2.3 GHz.

BACA JUGA:Tanam di Rumah, 10 Tanaman Ini Paling tidak Disukai Nyamuk

Dengan perangkat radio 5G dari ZTE, dilengkapi teknologi Antena Aktif, MarineMobile mampu mencapai jarak coverage 2G GSM hingga 72 km, 4G/LTE hingga 69 km, dan 5G hingga 60 km di laut terbuka.

Nelayan di Gorontalo sekarang dapat merasakan manfaat langsung dari peningkatan kualitas dan perluasan cakupan jaringan broadband Telkomsel.

MarineMobile memberikan akses prakiraan cuaca, penentuan lokasi penangkapan ikan optimal, pelacakan GPS, dan koneksi real-time ke pembeli ikan di pasar.

BACA JUGA:Keajaiban Alam Kalimantan Timur: Pesona Keindahan Danau Labuan Cermin yang Menakjubkan

Ini bukan hanya tentang teknologi canggih, tetapi juga tentang memberdayakan nelayan untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan keuntungan melalui penangkapan ikan yang lebih presisi.

Nugroho, Direktur Network Telkomsel, menyatakan, "Kolaborasi strategis Telkomsel dan ZTE bukan hanya tentang menghadirkan teknologi terdepan, tetapi juga tentang mewujudkan potensi kemaritiman Indonesia.

Dengan semangat untuk menghubungkan bangsa dan mendorong kemajuan negeri, kami berharap MarineMobile akan membuka peluang baru dalam pertumbuhan ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan, terutama di wilayah Gorontalo."

BACA JUGA:Selama Ini Rumahnya Berlantai Tanah, Sekarang Deny Menangis Bahagia dengan Lantai Semen

Sebelumnya, uji coba pemanfaatan jaringan 5G pada Februari 2023 telah memicu lahirnya MarineMobile.

Solusi ini tidak hanya memanfaatkan teknologi Massive MIMO dan cakupan Ultra 5G, tetapi juga menggunakan perangkat ZTE i5GC yang dirancang khusus untuk kebutuhan industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: