Terkait Pelayanan Puskesmas Celikah, Ini Penilaian Camat Kota Kayuagung

Terkait Pelayanan Puskesmas Celikah, Ini Penilaian Camat Kota Kayuagung

Camat Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Solahudin SSos. -Foto : Diansyah/Palpos-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Camat Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Solahudin SSos turut menyampaikan pendapatnya mengenai pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Celikah.

"Untuk pelayanan di Puskesmas Celikah. Alhamdulillah, kenyataannya bagus menurut kami," ungkapnya usai menghadiri kegiatan penilaian akreditasi oleh Tim Surveyor Laskesi di puskesmas tersebut, Kamis (16/11/2023).

Ia menambahkan, mereka hadir dalam kegiatan penilaian akreditasi Puskesmas Celikah sesuai dengan tupoksi yakni, bagaimana dukungan dari pihak kecamatan terhadap pelayanan puskesmas.

BACA JUGA:Tim Asesor Surveyor Laskesi Berikan Penilaian Akreditasi Puskemas Celikah

"Yang jelas kita memerintahkan para kades dan lurah, pertama tentang Posyandu. Kalau untuk desa itu didukung oleh dana desa (DD) tadi," ujar pria yang sebelumnya menjabat Sekcam Kota Kayuagung ini.

Dikatakannya lagi, untuk sampel, ada 5 desa yang dilibatkan dalam penilaian akreditasi sesuai dengan permintaan dari puskesmas.

Saat disinggung apakah Puskesmas Celikah sudah sesuai jika akreditasinya menjadi Paripurna? menurutnya sudah sesuai, "Yang jelas ini 24 jam ada UGD-nya," tutur Solahudin.

BACA JUGA:Cang Incang dan Jidur Pedamaran WBTB OKI yang Kini Diakui secara Nasional

Masih katanya, ada pernyataan dari RT sampai yang bersangkutan datang ke rumah-rumah untuk pendataan masyarakat seandainya ada yang diisukan TBC.

"Dia malu datang ke Posyandu, kemudian didatangi petugas ke lapangan atau jemput bola. Harapan kita, kedepan pelayanan Puskesmas Celikah harus lebih meningkat lagi," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Edwar Zuliyar SKM MKM dari Tim Asesor Surveyor Laskesi mengatakan, sejauh ini untuk penilaian di Puskesmas Celikah sudah cukup baik. Namun, masih ada perbaikan-perbaikan kedepannya seperti upaya kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:Jalankan Amanah Pimpinan, Kajari OKI Sebut Beberapa Hal yang Menjadi Atensi

"Bagaimana peran serta atau keterlibatan daripada masyarakat sejak dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Nah itu kita harus bersama-sama, bukan hanya oleh petugas puskesmas," pungkasnya.

Sementara, Pimpinan Puskesmas Celikah, Susmiyati SKM MKes mengemukakan, saat ini Akreditasi Puskesmas Celikah yakni Madya.

"Kita tidak tahu, setelah ini apakah naik ke Akreditasi Utama atau justru langsung ke Paripurna. Kalau penilaiannya baik, mungkin bisa saja. Setelah akreditasi meningkat, maka harus meningkatkan segala mutu pelayanan," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: