Juara 1 di Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Sumsel

Juara 1 di Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Sumsel

Kabag Hukum Setda OKU, Eka Meirwanzah SH MM saat menerima penghargaan Kadarkum. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menyabet juara pertama dalam lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) bagi pelajar SLTA Tingkat Provinsi Sumsel yang digelar di PSCC Palembang, Kamis (23/11/2023).

Lomba Kadarkum yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan Kemenkumham Sumsel ini diikuti oleh 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari (22-23/11/2023) itu dibuka oleh Pj Gubernur Sumsel, Dr Drs H A Fathoni MSi.

Kabupaten OKU yang diwakili oleh pelajar SMA N 4 OKU ini sukses menjadi juara pertama dan menyabet piala bergilir Gubernur Sumsel setelah menyingkirkan 16 kabupaten/kota lainnya. OKU berhasil mengungguli Kabupaten OKU Timur yang berada diposisi kedua dan Kabupaten Muaraenim yang berada diposisi ketiga.

“Alhamdulillah kita bisa meraih juara 1 dan berhasil meraih piala tetap, serta piala bergilir Gubernur Sumsel dalam lomba Kadarkum tingkat Provinsi Sumsel,” kata Kabag Hukum Setda OKU, Eka Meirwanzah SH MM saat dibincang, Sabtu (25/11/2023).

OKU sendiri lanjut Eka, diwakili oleh pelajar SMA N 4 OKU, mereka diberangkatkan dan dilepas oleh Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd yang diwakili oleh Sekda OKU Darmawan Irianto. “Kita menunjuk SMA N 4 OKU untuk mewakili Kabupaten OKU dalam lomba ini. Kedepan tidak menutup kemungkinan kita juga akan menunjuk sekolah lainnya,” ujarnya

Dalam perlombaan ini ungkap Sekda, pihaknya telah melakukan persiapan yang matang, bahkan persiapan telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Para pelajar ini diajarkan untuk memahami aturan dan undang-undang yang berlaku sesuai materi lomba yakni, Undang-undang terorisme, TPPO, lalulintas, UU ITE dan Narkotika.

"Materinya ada lima macam, jadi kita mengirim lima orang pelajar yang masing-masing mempelajari satu materi dari lima materi itu. Persiapan sudah cukup matang sejak Juli lalu, mereka latihan secara rutin baik di sekolah maupun di luar jam sekolah, karena memang kita menargetkan untuk juara 1,” tegasnya.

Dia menegaskan, pihaknya berharap kedepan bisa mempertahankan gelar juara ini dan akan terus mencari pelajar untuk regenerasi peserta yang sudah ikut dalam lomba. “Ya, harapan kita kedepan bisa mempertahankan gelar juara ini. Kedepan kita akan terus melakukan pembinaan,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: