Kompak Gotong Royong Bersihkan Kawasan Langganan Banjir

Kompak Gotong Royong Bersihkan Kawasan Langganan Banjir

Dandim OKU, Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine bersama Pj Bupati setempat, H Teddy Meilwansyah, kompak gotong royong bersihkan kawasan langganan banjir. Foto: Istimewa--

BATURAJA, PALPOS.ID - Guna mengantisipasi terjadinya banjir, maka Komandan Kodim 0403 OKU, Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine bersama Pj Bupati setempat, H Teddy Meilwansyah, Senin (4/11/2023), kompak gotong-royong melakukan pembersihan di kawasan yang langganan banjir yakni di Kelurahan Baturaja Permai, Kecamatan Baturaja Timur.

Kegiatan ini dalam rangka Karya Bhakti TNI yang diinisiasi oleh Kodim 0403 OKU dan diikuti oleh BPBD OKU, DLH, Damkar dan masyarakat sekitar.

Saat dibincangi di sela-sela kegiatan, Teddy mengatakan kegiatan Ini merupakan tindak lanjut instruksi dari Gubernur, Pangdam dan Kapolda Sumsel bahwa kedepan harus siap siaga dan memitigasi melakukan penanggulangan dan upaya-upaya pencegahan terjadinya banjir dan tanah longsor.

BACA JUGA:Pelaku Tabrak Lari di OKU Menyerahkan Diri ke Polisi

Dikatakan Teddy, gotong royong dikawasan ini juga merupakan permintaan dari masyarakat, sehingga Pemkab bersama Kodim 0403 OKU mencari kawasan berdasarkan permintaan dari masyarakat dan memang wilayah ini kerap terjadi banjir setiap musim hujan tiba.

“Setiap musim hujan air sungai naik jadi dikawasan ini kerap terjadi banjir, kemudian yang kerap terjadi banjir kawasan Sekarjaya, dua wilayah ini menjadi perhatian kita,” ujarnya.

Langkah lainnya untuk mengantisipasi banjir dikatakan Teddy, pihaknya melalui dana bangub juga telah melakukan normalisasi anak sungai dan drainase di daerah Sekarjaya dan Baturaja Permai. 

BACA JUGA:Donasi Warga Air Sugihan OKI untuk Palestina Tembus Ratusan Juta

Sementara itu Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine menambahkan bahwa kegiatan merupakan upaya pencegahan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang sangat mungkin terjadi di saat musim hujan.

“Kegiatan ini kita inisiasi bersama seluruh komponen masyarakat untuk mencegah terjadinya banjir. Kita mengajak untuk masyarakat lebih peduli terhadap lingkungannya dan ingin merangsang  keinginan masyarakat untuk menjaga lingkungannya, ” kata Dandim.

Kegiatan ini juga lanjutnya, belajar dari kejadian banjir bandang di kawasan OKU Selatan yang terjadi beberapa waktu lalu. Untuk itu perlu dilakukan mitigasi dan upaya pencegahan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

BACA JUGA:Disperindag OKU Sebut Harga Sembako Stabil Jelang Nataru

“Untuk di Kodim 0403 OKU kita lakukan serentak dengan melibatkan personel baik dari kodim maupun koramil di OKU, OKU Timur dan OKU Selatan,” tegasnya.

Dandim berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi motivasi masyarakat untuk tetap menjaga lingkungannya serta dapat mencegah terjadinya banjir. “Harapannya kegiatan ini dapat menjadi upaya dalam pencegahan dan mitigasi banjir,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: