Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Meningkat, Ini Harapan Warek Uniski

Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Meningkat, Ini Harapan Warek Uniski

Wakil Rektor Universitas Islam Ogan Komering Ilir (UNISKI), Dr Hj Azizah MHum.-Foto : Diansyah/Palpos-

KAYUAGUNG,PALPOS.ID - Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Islam Ogan Komering Ilir (Uniski) mengalami peningkatan dari yang sebelumnya Baik menjadi Baik Sekali.

Wakil Rektor (Warek) Uniski, Dr Hj Azizah MHum mengatakan, atas peningkatan akreditasi tersebut, tentu kedepannya mereka mengharapkan ada kenaikan jumlah mahasiswa.

"Ini juga sebagai salah satu sarana promosi bahwa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Uniski tidak kalah bersaing dengan yang lain," ungkapnya kepada awak media, Rabu (6/12/2023).

BACA JUGA:OKI Darling’ Layanan Digital Dongkrak Kinerja ASN

Ia menambahkan, Akreditasi Baik Sekali diberikan oleh Pihak Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik). Dimana Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Uniski mendapatkan 345 poin.

"Jumlah poin yang didapatkan 345, tinggal 6 poin lagi bisa Akreditasi Unggul. Sekarang ini sudah 9 standar, kalau dahulu hanya 7. Pada 9 standar, Akreditasi Unggul itu sama dengan Akreditasi A, Baik Sekali itu B, dan Baik itu C," ujarnya.

Dikatakannya lagi, istilah lama itu standar yakni ada Akreditasi A,B, dan C. Dimana untuk bisa bekerja, biasanya yang diminta oleh instansi atau ingin jadi PNS minimal harus B.

BACA JUGA:Mantan Kepala SMPN 1 Pedamaran Enggan Lengser Meski Sudah Dicopot

"Saat PNS bisa berlaku itu. Ada instansi-instansi tertentu yang tidak memperbolehkan atau kalau Akreditasi C belum bisa. Maka dari itu, untuk peningkatan mutu dan kepergunaan alumni di masyarakat, kita harus kejar hal tersebut," tuturnya.

Saat disinggung jumlah peminat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris? menurutnya agak kalah dari 2 prodi lain di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uniski yakni Pendidikan Bahasa Indonesia dan PPKN.

"Oleh karenanya sekali lagi kami berharap, meningkatnya Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini, kedepan peminatnya juga akan meningkat," imbuhnya.

BACA JUGA:FASI Tingkat Kabupaten OKI 2023, Tanamkan Semangat Beragama Sejak Dini

Terpisah, Dekan FKIP Uniski, Fitri Novia SPd MPd mengemukakan, mereka merasa senang Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris telah mengalami peningkatan.

"Untuk Surat Keputusan (SK) yang menyatakan naiknya akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Uniski ini keluar pada tanggal 20 November 2023 lalu dari Lamdik," jelasnya.

Masih kata Fitri, dengan adanya peningkatan akreditasi dapat meningkatkan minat masyarakat. Menurutnya, selama ini khusus Prodi Pendidikan Bahasa Inggris bisa dikatakan belum maksimal jumlahnya dibandingkan Prodi Bahasa Indonesia.

BACA JUGA:TKD Prabowo-Gibran KIM Kabupaten OKI Optimis Menang Satu Putaran

"Hal itu karena terkendala akreditasi. Jadi dengan meningkatkan akreditasi, diharapkan tahun depan ada peningkatan untuk mahasiswa, khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan prodi-prodi yang ada di Uniski secara keseluruhan,"tutupnya. *


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: