Inilah 7 Obyek Wisata Andalan di OKU, Nomor Satu dan Dua Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Inilah 7 Obyek Wisata Andalan di OKU, Nomor Satu dan Dua Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Air Terjun Kambas OKU. Foto: Istimewa--

BATURAJA, PALPOS.ID - Objek Wisata yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu saat ini cukup banyak, baik berupa wisata alam maupun wisata buatan. Dari data OKU dalam angka (BPS, 2007) terdapat sekitar 42 wisata, namun baru 7 diantaranya yang terkenal. Ini tidak termasuk obyek wisata Gua Putri dan Gua Harimau yang terkenal hingga ke manca negara.

Pertama Air Terjun Kambas. Objek wisata Air Terjun Kambas terletak di Desa Ulak Lebar. Jarak tempuh dari Desa Ulak Lebar menuju lokasi Air Terjun Kambas berkisar 1 jam berjalan kaki +30 menit. Lokasi Air Terjun Kambas berada pada ketinggian 425 m diatas permukaan laut dengan kordinat 040n06’34” LS dan 104007’33” BT. 

Perjalanan menuju lokasi yang melalui perbukitan masih alami, hutan dan perkebunan rakyat dengan menyusuri alur Sungai Kambas yang hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki. Objek wisata air terjun kambas memiliki ketinggian air yang jatuh berkisar 50 meter.

BACA JUGA:Liburan Telah Tiba, Mari Jelajari Sungai Siak Pekanbaru dan Nikmati 1001 Panorama Yang Indah

BACA JUGA:Nataru Hampir Tiba, Gak Usah Bingung Cari Glamping, Ada Kotak Mimpi Harga Inap Mulai Rp400 Ribuan

Kedua Air Panas Gemuhak. Objek wisata Air Panas Gemuhak terletak di Desa Gunung Tiga dengan jarak tempuh sekitar 6 KM dari Desa Gunung Tiga. Objek wisata ini berada dalam kawasan hutang lindung dengan ketinggian 398 M diata permukaan air laut dengan koordinat 040 08’10” LS dan 103 043’23” BT dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. 

Objek wisata Air Panas Gemuhak memiliki beberapa sumber air panas dengan pusat air panas terbesar dapat menyemburkan air panas (gleiser) setinggi tiga meter. 

Tiap kali penyemburan air panas memiliki interval waktu sekitar 15 detik. Air Panas tersebut memiliki suhu berkisar 96,50C – 98C dan mengandung mineral-mineral yang berasa asin dan dapat dikonsumsi secara langsung.

BACA JUGA:Gua Putri dan Gua Harimau OKU: Destinasi Wisata Alam Menakjubkan di Akhir Tahun

BACA JUGA:Libur Telah Tiba, Berikut Rekomendasi 14 Objek Wisata di Bandung, Cocok untuk Anak-Anak !

Ketiga Batu Lesung Bintang. Satu dari beberapa peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten OKU adalah Batu Lesung Bintang. Disebut Lesung Bintang karena batu tersebut berbentuk segi delapan yang ditengah-tengahnya terdapat lubang yang menyerupai lesung. 

Aset wisata budaya ini terletak diatas bukit di Desa Laya Kecamatan Baturaja Barat yang menempati areal seluas 2.500 M2, jaraknya 3 KM dari kota Baturaja sehingga mudah untuk dikunjungi. Dinas dapat ditemukan : Batu berukir yang berbentuk sandi dan peta wilayah serta Batu tapak kaki.

Keempat Rantai Kumpai. Objek wisata Rantai Kumpai terletak di Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap, kira-kira 17 KM dari kota Baturaja. Bendali merupakan Bendungan Pengendali Air bagi kehidupan masyarakat sekitranya, luas areal mencapi + 6 Ha. Tempat ini cukup nyaman sebagai tempat rekreasi diakhir pekan. 

BACA JUGA:Jempana View Glamping Kintamani, Glamping Murah Rp200 Ribuan Sudah dapat View Danau Batur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: