Libur Nataru, XL Axiata Lakukan Langkah Antisipasi Hingga Penambahan Layanan

Libur Nataru, XL Axiata Lakukan Langkah Antisipasi Hingga Penambahan Layanan

Libur Nataru, XL Axiata lakukan langkah antisipasi hingga penambahan layanan.--

BISNIS, PALPOS.ID- Seperti di tahun- tahun sebelumnya, libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi tugas penting bagi perusahaan provider untuk melalukan antisipasi serta meningkatkan layanan kepada pelanggannya.

Maka, berdasarkan lonjakan trafik di tahun- tahun sebelumnya, XL Axiata memprediksi akan terjadinya peningkatan mencapai 2 hingga 3 kali lipat dibandingkan rata- rata trafik pada kondisi normal  hari biasa, dan naik sekitar 20 persen dibandingkan trafik Nataru tahun lalu. 

Karena itulah, XL Axiata perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan.

Lonjakan trafik antara lain akan terdorong oleh semakin intens-nya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar  yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang.

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Bogor Raya: Wacana dan Tantangan Menuju Pembentukan Baru

Diperkirakan pelanggan akan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming baik video, musik, serta game.

Media sosial juga diperkirakan akan menjadi sasaran pelanggan mengisi waktu libur untuk berbagi meriahnya momen Nataru.

Direktur & Chief Tehnology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, dsri berbagai berita di media massa.

"Kami melihat besarnya gairah masyarakat untuk merayakan dan mengisi liburan pergantian tahun nanti. Survei Kementrian Perhubungan 2023, diperkirakan akan ada potensi pergerakan akan ada potensi pergerakan sekitar 107.63 juta orang," terangnya.

BACA JUGA:Bersiaplah Menyambut All New Fortuner 2024 Akhir Tahun Ini : Dijamin Pajero Sport Auto Merinding !

Hal itu tentu akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data. 

Karena itulah, XL Axiata perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan.

Gede menambahkan, persiapan jaringan meliputi antara lain peningkatan kapasitas, optimisasi di area- area tujuan wisata dan sepanjang jalur transpotasi darat (tol dan non tol) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.

Selain itu juga di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta cepat. Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera dan berpotensi meningkatkan trafik jaringan sekitar 10-20%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: