Tomat Kubis dan Bawang Putih Naik, Cabe Normal

Tomat Kubis dan Bawang Putih Naik, Cabe Normal

Tampak beberapa sayur-sayuran seperti tomat, kubis dan lain-lain naik dalam beberapa pekan terakhir.-Foto : Febi/Palpos-

"Saya kurang penyebabnya dimana macetnya, tapi kata yang memasoknya karena kurangnya pasokan dari China sebab barangnya impor," jelasnya.

Selain itu, lanjut Irham, ada juga yang naik yakni sayur Tomat. Hal ini disebabkan pasokannya kurang dari petani karena tanamannya sebelumnya banyak yang mati.

BACA JUGA:Pemkab Muaraenim Pinjam Pakaikan Kendaraan Bagi Petugas PPK dan Panwascam

BACA JUGA:Belum Ada Laporan Pinjol

Namun ada juga yang turun seperti cabe keriting yang sebelumnya Rp100 ribu perkg turun menjadi Rp50 ribu perkg, dan harga cabe ini setiap hari turun sebab pasokan banyak dari petani yang panen.

Harapan kedepan, kata Irham, harga-harga komoditi tetap stabil terutama untuk sayuran yang import dan meminta kepada pemerintah untuk menjembatani sehingga tidak naik signifikan.

Sebab dengan naiknya harga, tentu daya beli masyarakat akan turun dan akhirnya omzet pedagang ikut turun.

"Kami harga naik bukannya senang tapi sebaliknya sebab masyarakat akan sedikit membelinya. Pembeli sering kaget saat membeli karena harganya yang naik signifikan," ujarnya.

BACA JUGA:Musrenbang Wadah Aspirasi Masyarakat

BACA JUGA:Minimalisir Dampak Bencana, Pemda Gelar Sosialisasi SPAB

Sementara itu menurut salah seorang pembeli Tika (30) warga Muara Enim bahwa sebagai ibu rumah tangga tentu sangat berat dengan naiknya beberapa sayur-sayuran seperti Tomat, Kubis, bawang putih dan lain-lain.

Dirinya terpaksa mensiasati untuk belanja dengan mengurangi konsumsinya dan membeli hanya secukupnya tidak bisa lagi menyetok.

Apalagi uang belanja tidak bertambah tetapi kebutuhan meningkat, jadi sangat memberatkan masyarakat.

Harapan kedepan, lanjut Tika, pihaknya meminta kepada pemerintah untuk bisa menjaga kestabilan Sembako dan komoditi sayur-sayuran terutama yang banyak digunakan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Targetkan Prabowo - Gibran Menang Satu Putaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: