Pemekaran Kota Bogor, 1 Kabupaten Induk Akan Berganti Nama Menjadi Ini...

Pemekaran Kota Bogor, 1 Kabupaten Induk Akan Berganti Nama Menjadi Ini...

Pemekaran Kota Bogor 1 kabupaten di Bogor akan berganti nama--

BOGOR, PALPOS.ID- Kota BOGOR, yang dikenal sebagai 'Kota Hujan,' memiliki sebuah Kabupaten yang juga menggunakan nama yang sama.

Kabupaten Bogor merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, terdiri dari 40 kecamatan dengan luas wilayah mencapai 2.663,81 km2 dan kepadatan penduduk sebesar 2.050 jiwa per km2.

Terkait hal tersebut, rencana pemekaran Kota Bogor sedang dibahas. Salah satu skenario pemekaran melibatkan pembentukan lima Daerah Otonomi Baru (DOB) dan satu kabupaten induk.

Kelima DOB tersebut adalah Kabupaten Parung, Kabupaten Jonggol, Kabupaten Ciawi, Kabupaten Leuwiliang, dan Kabupaten Jasinga.

BACA JUGA:Kota Bogor Di Provinsi Jawa Barat: Sebuah Petualangan Menemukan Pesona Alam dan Keunikan Khasnya

BACA JUGA:Nokia Oxygen 2024: Menyelami Ombak Inovasi dengan Desain Futuristik dan Performa Terdepan

Kabupaten induk saat ini, yaitu Kabupaten Bogor, akan mengalami perubahan nama menjadi Kabupaten Cibinong, mengingat nama Bogor sudah digunakan sebagai nama Kota Bogor.

Kabupaten Cibinong memiliki luas wilayah sekitar 397,45 km persegi atau sekitar 17,11 persen dari luas Kabupaten Bogor saat ini, dengan jumlah penduduk mencapai 782.436 jiwa.

Kabupaten Jonggol, yang mencakup enam kecamatan, yaitu Gunung Putri, Cileungsi, Jonggol, Cariu, Sukamakmur, dan Tanjungsari, memiliki luas wilayah sekitar 587,24 km2 atau 22,05 persen dari luas wilayah Kabupaten Bogor saat ini.

Kabupaten Ciawi dengan tujuh kecamatan, yakni Tamansari, Cijeruk, Cigombong, Caringin, Ciawi, Megamendung, dan Cisarua.

BACA JUGA:Rencana Pemekaran Kabupaten Bogor: Bentuk Kabupaten Baru di Jantung Jawa Barat

BACA JUGA:iPhone 15: Membidik Puncak Inovasi dan Kemewahan, Super Retina XDR hingga Deteksi Kecelakaan Mobil

Memiliki luas wilayah sekitar 280,39 km2 atau sekitar 10,53 persen dari luas Kabupaten Bogor, dengan jumlah penduduk mencapai 751.775 jiwa atau 13,77 persen dari total penduduk Kabupaten Bogor.

Kabupaten Leuwiliang, yang terdiri dari tujuh kecamatan, yaitu Leuwiliang, Cibungbulan, Pamijahan, Ciampea, Tenjolaya, Dramaga, dan Ciomas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: