Kabupaten Deli Serdang Tempat Kelahiran Tembakau Deli yang Pernah Jadi Tembakau Ternikmat di Dunia

Kabupaten Deli Serdang Tempat Kelahiran Tembakau Deli yang Pernah Jadi Tembakau Ternikmat di Dunia

Kabupaten Deli Serdang Tempat Kelahiran Tembakau Deli yang Pernah Jadi Tembakau Ternikmat di Dunia--kebudayaan.kemdikbud.go

Gedung tua milik Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) II di Bulu Cina, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serang, Sumatera Utara, telah mempertahankan operasionalnya hingga saat ini, bahkan berhasil mengekspor hasil panennya ke luar negeri. 

Didirikan sejak tahun 1920 oleh kolonial Belanda, bangunan seluas 9.300 meter persegi ini, meskipun terlihat tak terawat, tetap menjaga kekokohannya.

Lebih dari 25 jenis daun tembakau harus dipisahkan oleh para pekerja dengan cermat, mempertimbangkan warna, tekstur, ukuran, dan kerusakan daun.

Semuanya dilakukan secara manual menggunakan alat-alat sederhana dari kayu, seiring dengan alat modern untuk mengepres tembakau yang masih menjadi peninggalan berharga dari masa kolonial Belanda.

BACA JUGA:Perhatikan 10 Panduan Posisi Bantal Tidur: Bila Ingin Tidur Nyaman dan Bangun Tanpa Sakit Leher

BACA JUGA:Yuk Simak Ini ! Tidur Pilih Kasur Busa Atau Kapuk, Berikut 4 Pertimbangannya

Meskipun gudang ini pada masa kejayaannya mampu mencapai target produksi 1000 kilogram dalam satu kali produksi, namun dalam lima tahun terakhir, produksi mengalami penurunan karena berkurangnya lahan panen.

Dulu, luas ladang tembakau mencapai 304 hektar, tetapi saat ini hanya tersisa 4 hektar, sisanya telah beralih menjadi tanaman sawit dan tebu, dikelola oleh lima petani.

Meskipun produksi tembakau mengalami penurunan, Gudang Tembakau Deli masih terus berusaha mempertahankan kualitasnya.

Target produksi yang awalnya 1.650 bal turun menjadi 750 bal, tetapi gudang ini tetap menjadi pemain utama dalam ekspor tembakau berkualitas.

BACA JUGA:13 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Dapat Meningkatklan Kesuburan Wanita Dan Pria

BACA JUGA:Mantap! Hadirkan Konsep Baru, Glamping Ranca Upas Semakin Banyak Dicari Orang Loh

Meski demikian, tantangan ke depan tetap besar, dan gudang ini terus berupaya memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: