Pembentukan Kabupaten Pantai Timur Sumsel Dukung Pemerataan Pembangunan di Kabupaten OKI

Pembentukan Kabupaten Pantai Timur Sumsel Dukung Pemerataan Pembangunan di Kabupaten OKI

Pembentukan Kabupaten Pantai Timur Sumsel Dukung Pemerataan Pembangunan di Kabupaten OKI.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Ia menegaskan bahwa pemekaran dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

"Pemekaran Kabupaten OKI tentu akan banyak persoalan yang bisa diatasi, seperti persoalan jalan rusak di Kecamatan Cengal yang akan bisa teratasi," tambah Herman Deru.

BACA JUGA:Provinsi Sumselbar Menjadi Alternatif Pemekaran di Sumatera Selatan: Potret Kesiapan dan Tantangan

BACA JUGA:Rencana Pembentukan Provinsi Sumselbar: Perjuangan dan Potensi Besar Sebagai Provinsi Baru

Gubernur Herman Deru juga menunjukkan komitmennya terhadap pemerataan pembangunan hingga ke pelosok desa di seluruh penjuru Provinsi Sumsel. 

Ia menyatakan bahwa kerusakan jalan tidak semata-mata karena kurangnya perhatian pemerintah atau kualitas jalan, melainkan juga disebabkan oleh pesatnya aktivitas ekonomi di wilayah tersebut.

"Ada sedikitnya 4 ruas jalan rusak berat dan 5 jalan rusak ringan tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten OKI. Rusaknya jalan ini bukan karena kurangnya perhatian pemerintah atau kualitas jalan, tapi karena ada aktivitas ekonomi yang meningkat pesat di wilayah ini," beber Herman Deru.

Pemerintah Sumsel melalui Gubernur Herman Deru berencana untuk menangani kondisi jalan tersebut dengan mengalokasikan dana perbaikan melalui Anggaran Belanja Tahunan (ABT) tahun 2023. 

BACA JUGA:Indonesia Kehilangan 22 Kabupaten dan Kota Termasuk di Sumatera Selatan, Simak Penyebabnya!

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Lahat di Sumatera Selatan: Antara Kendali Pelayanan dan Pemerataan Pembangunan

Ia juga menginstruksikan Bupati OKI dan dinas terkait untuk segera menanggapi dan menanganinya agar mobilitas ekonomi masyarakat dapat berjalan lancar.

"Dana inpres sebesar Rp60 miliar untuk peningkatan jalan sudah dikeluarkan Kementerian Keuangan. Kita juga akan alokasikan dana perbaikan jalan ini melalui ABT tahun 2023," tambah Herman Deru.

Pemekaran Kabupaten Pantai Timur sendiri merupakan kelanjutan dari pemekaran Kabupaten OKI yang sebelumnya telah membagi wilayah untuk membentuk Kabupaten Ogan Ilir. 

Rencana pemekaran ini sudah bergaung sejak 20 tahun lalu, dengan 5 kecamatan yang siap bergabung, yaitu Kecamatan Tulung Selapan, Kecamatan Air Sugihan, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kecamatan Sungai Menang, dan Kecamatan Cengal.

BACA JUGA:Pemekaran Daerah di Kabupaten Muara Enim di Sumatera Selatan: R2L dan Gelumbang Menjadi Sorotan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: