Bagaimana Cara Melindungi Pankreas? Makanan dan Minuman Ini Solusinya!

Bagaimana Cara Melindungi Pankreas? Makanan dan Minuman Ini Solusinya!

Ubi jalar ternyata menjadi rahasia salah satu makan pelindung pankreas, selain beberapa makanan dan minuman lainnya.-Foto : Maryati-

Dalam penelitian Food and Nutrition Research, ubi jalar menunjukkan efek antihiperglikemik dengan menginduksi regenerasi sel pankreas dan meningkatkan resistensi insulin.

Kamu bisa mengukus, merebus, atau mengolahnya menjadi es.

Tak heran jika umbi-umbian ini masuk ke dalam daftar makanan untuk pankreas.

3. Minuman Probiotik

Sebuah studi menunjukkan bahwa ketidakseimbangan mikrobioma usus yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari bakteri tidak sehat dapat memicu gangguan pankreas.

Yoghurt adalah salah satu sumber makanan dan minuman untuk menyehatkan pankreas selanjutnya.

Isinya berupa bakteri baik yang dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan ini dan menciptakan lingkungan usus yang sehat.

Mengonsumsi 3 porsi yoghurt rendah lemak atau bebas lemak yang mengandung kultur probiotik aktif dapat memperlancar pencernaan, melindungi pankreas, dan memperbaiki sistem pencernaan secara keseluruhan.

4. Akar Licorice       

Teryata akar licorice memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati penyakit pencernaan serta infeksi bakteri dan virus.

Oleh karenanya, licorice merupakan minuman untuk menyehatkan pankreas. 

Tanaman ini juga dikenal dapat 'mengekang' peradangan seluler yang melibatkan neutrofil pada gangguan pankreatitis akut.

Dalam Biomed Research International, licorice telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker pankreas.

Meski begitu, tanaman tradisional ini tidak disarankan untuk yang memiliki hipertensi, ya.

Konsumsi akar licorice diketahui dapat meningkatkan kadar kalium dan tekanan darah dalam tubuh, yang terbukti berbahaya bagi orang yang didiagnosis dengan hipertensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: