Wakil Ketua DPRD Prabumulih Desak Disdik Tegur Oknum Guru dan Sekolah yang Viral di Medsos

Wakil Ketua DPRD Prabumulih Desak Disdik Tegur Oknum Guru dan Sekolah yang Viral di Medsos

Wakil Ketua DPRD Prabumulih Desak Disdik Tegur Oknum Guru dan Sekolah yang Viral di Medsos-foto: Prabu/PALPOS.ID -

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih, H Ahmad Palo SE, angkat bicara terkait video viral di media sosial (medsos) yang melibatkan seorang oknum guru di SD Negeri di Kota Prabumulih. 

Dimana dalam video tersebut, oknum guru diduga memaksa siswa untuk berinfak dan mengancam akan menyebarkan rekaman video siswa yang tidak berinfak kepada orang tua atau wali murid.

Wakil Ketua DPRD Prabumulih, H Ahmad Palo, mengatakan bahwa meskipun mungkin tujuannya awalnya baik, hal tersebut tidak tepat karena tidak semua siswa memiliki orang tua yang mampu memberikan uang sekolah atau uang jajan yang sama. 

"Tidak semua orang tua siswa memiliki kemampuan yang sama," ungkap Palo ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu 17 Januari 2024.

BACA JUGA:Viral!! Diduga Oknum Guru SDN di Prabumulih Paksa Siswa Berinfak

BACA JUGA:Dukung Pemkot Prabumulih Mitigasi Bencana Banjir Payuputat, Kapolres Prabumulih Kerahkan Puluhan Personil

Terkait persoalan itu, Ahmad Palo meminta pemerintah kota Prabumulih melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih untuk memberikan teguran kepada oknum guru dan pihak sekolah terkait. 

Ia menekankan perlunya evaluasi bagi pemerintah kota dan dinas pendidikan untuk 

memberikan teguran tidak hanya kepada sekolah yang bersangkutan, tetapi juga kepada semua sekolah dan guru agar tidak melakukan penekanan terhadap siswa terkait infak.

"Pemerintah dan dinas pendidikan harus memberikan penegasan kepada sekolah dan guru agar tidak melakukan penekanan atau pemaksaan kepada anak-anak agar berinfak," kata politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

BACA JUGA:Oknum Guru di Prabumulih Terancam Sanksi, Lantaran Diduga Paksa Siswa Berinfak

BACA JUGA:Jembatan Penghubung Putus, Ribuan Warga Payuputat Prabumulih Sumatera Selatan Terancam Terisolir

Ahmad Palo juga menyampaikan keprihatinannya terkait potensi trauma mental yang bisa diakibatkan oleh tindakan oknum guru tersebut. 

Bagi anak yang tidak dibekali uang jajan sekolah, tindakan ini dapat menciptakan beban mental dan rasa takut akan di-bully oleh teman-teman atau guru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: