Elang Penempur 50 Tahun Lalu: Momen Kecil yang Melahirkan Legenda Jet Tempur F-16

Elang Penempur 50 Tahun Lalu: Momen Kecil yang Melahirkan Legenda Jet Tempur F-16

--

NASIONAL,PALPOS.ID-Hari ini 50 tahun lalu, bertepatan dengan 20 Januari 1974, menjadi momen bersejarah dengan berlangsungnya penerbangan perdana jet tempur legendaris yang kenyang battle proven,

F-16 Fighting Falcon. Masih menggunakan kode YF-16 (prototipe).

“Elang Penempur” saat itu melakukan penerbangan perdana secara tidak disengaja oleh pilot uji (test pilot) Philip F. Oestricher di Pangkalan Udara Edwards, California.

BACA JUGA:Angkatan Laut Filipina Akui Kapal Perang SSV Buatan Indonesia

BACA JUGA:Dari M4 ke XM7: Melangkah Maju dengan Senjata Terkini Angkatan Darat AS dalam Program NGSW

Disebut tidak disengaja, lantaran uji coba kala itu awalnya dipersiapkan untuk high speed taxii di runway, yakni untuk memeriksa respons pesawat terhadap kecepatan tinggi.

Namun karena mendapati kecepatan pesawat sudah kadung dipacu tinggi, Oestricher justru mengangkat hidung pesawat sedikit lebih tinggi dari yang direncanakan, dan pesawat secara tidak sengaja lepas landas.

Ada juga yang menyebut keputusan nekad Phil Oestrigher sebenarnya karena saat mengumpulkan kecepatan, osilasi kontrol gulungan menyebabkan sirip rudal yang dipasang di ujung sayap sisi kiri dan kemudian stabilator kanan mengikis tanah, dan pesawat kemudian mulai menyimpang dari landasan.

BACA JUGA:APC Anoa 6x6 Buatan PT Pindad Dipercaya Pasukan PBB Untuk Atasi Konflik Dunia

BACA JUGA:Melintasi Batas Ketinggian: Bagaimana Rafale Membuat Indonesia Jadi Powerhouse Militer

Dalam situasi tersebut, Oestricher memutuskan untuk lepas landas untuk menghindari potensi insiden.

Meskipun tidak terencana, penerbangan perdana F-16 Fighting Falcon berlangsung dengan sukses dan Oestricher berhasil mengendalikan pesawat dengan baik.

Penerbangan perdana F-16 pada20 Januari 1974 berlangsung selama sekitar enam menit. Penerbangan tidak sengaja tersebut akhirnya menjadi penerbangan perdana resmi F-16 Fighting Falcon.

BACA JUGA:Perang Rusia-Ukraina: Dampaknya Terasa, Terhadap Pesawat Tempur Sukhoi Indonesia Lebih Siap Dari Malaysia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: