Gebrakan Pemekaran Kabupaten Banyumas Membuka Era Baru dengan Tiga Daerah Baru Termasuk Kota dan Provinsi Baru

Gebrakan Pemekaran Kabupaten Banyumas Membuka Era Baru dengan Tiga Daerah Baru Termasuk Kota dan Provinsi Baru

Pemekaran Wilayah Jawa Tengah: Potensi Kabupaten Banyumas Pasca Wacana Otonomi Baru Provinsi Jawa Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

JAWA TENGAH, PALPOS.ID - Gebrakan Pemekaran Kabupaten Banyumas Membuka Era Baru dengan Tiga Daerah Baru Termasuk Kota dan Provinsi Baru.

Ratusan daerah di Indonesia tengah menanti keputusan Pemerintah Pusat yang diharapkan akan mengakhiri moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB). 

Kabupaten Banyumas, salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah, bersiap melakukan langkah besar dengan merencanakan pemekaran, termasuk pembentukan kabupaten dan kota baru, bahkan provinsi baru.

Sejarah dan Latar Belakang

Langkah pemekaran daerah menjadi suatu gebrakan yang dinantikan oleh banyak daerah di Indonesia, dan Kabupaten Banyumas di Provinsi Jawa Tengah tak terkecuali. 

BACA JUGA:Kabupaten Banyumas: Profil Penduduk dan Pemekaran Wilayah di Jawa Tengah

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah: Kabupaten Sragen Permata Tersembunyi yang Menawan

Dengan luas wilayah mencapai 1.335 kilometer persegi dan jumlah penduduk mencapai 1.78 juta jiwa, Kabupaten Banyumas memiliki alasan kuat untuk melakukan pemekaran. 

Saat ini, kabupaten ini terdiri dari 27 kecamatan, 30 kelurahan, dan 301 desa.

Pemekaran Kabupaten Banyumas

Pemekaran Kabupaten Banyumas akan melibatkan pembentukan dua entitas baru: Kabupaten Banyumas Barat dan Kota Purwokerto.

Kabupaten Banyumas Barat

Usulan ini mencakup 10 kecamatan yang siap bergabung dengan Kabupaten Banyumas Barat, dengan ibukota kabupaten direncanakan berada di Kecamatan Wangon. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah: 9 Fakta Unik Kota Solo Calon Provinsi DIS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: