Hasil Piala Asia 2023: Jepang Dominan, Indonesia Takluk 1-3 di Laga Terakhir Grup D

Hasil Piala Asia 2023: Jepang Dominan, Indonesia Takluk 1-3 di Laga Terakhir Grup D

Gelandang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan (tengah) dihadang dua pemain Jepang Reo Hatate (kanan) dan Yuta Nakayama (kiri) pada laga penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). -Foto: Antara/Yusran Uccang/aww-

DOHA, PALPOS.ID - Timnas Indonesia harus takluk 1-3 dari raksasa Asia, Jepang di laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 Qatar. 

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu malam (24/1/2024) WIB, memberikan hasil yang kurang menggembirakan bagi skuad Garuda.

Ayase Ueda menjadi bintang kemenangan Jepang dengan mencetak dua gol pada menit ke-5 dan ke-54, sementara satu gol tambahan berasal dari gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-88. 

Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Sandy Walsh pada menit ke-90+1. 

BACA JUGA:PIALA ASIA 2023: Prediksi Indonesia vs Jepang, Head to Head, Susunan Pemain, dan Klasemen Peringkat Terbaik

Meskipun Indonesia menunjukkan semangat pada akhir laga, kemenangan tetap berada di tangan Samurai Biru.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), melakukan satu perubahan pada susunan pemain di lapangan dengan memasukkan Rizky Ridho menggantikan Asnawi Mangkualam, yang menjadi pencetak gol pada laga sebelumnya.

Sementara itu, pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, melakukan perubahan besar dengan mengganti seluruh susunan empat pemain belakang yang tampil pada dua laga sebelumnya. 

Yukinari Sugawara, Ko Itakura, Shogo Taniguchi, dan Hiroki Ito diberikan istirahat, digantikan oleh Seiya Maikuma, Takehiro Tomiyasu, Koki Machida, dan Yuta Nakayuma.

BACA JUGA:Hasil Indonesia Masters 2024: Singkirkan Wakil Thailand, Ginting Tantang Wakil Malaysia di Babak 16 Besar

Indonesia tidak memulai pertandingan dengan baik, terbukti dengan gol cepat yang dicetak oleh Jepang melalui penalti Ayase Ueda pada menit ke-5. 

Keputusan wasit asal Bahrain, Khamis Mohamed Al-Marri, untuk memberikan penalti setelah melihat VAR, membuat Ueda menjadi algojo yang sukses membawa Jepang unggul.

Meski Jepang menguasai pertandingan, Indonesia menciptakan peluang pada menit ke-31 melalui serangan yang terorganisir dengan baik. Namun, hingga setengah jam pertama berlalu, skor tetap 0-1 untuk keunggulan Jepang.

Pada babak kedua dimulai, timnas Jepang kembali mendominasi jalannya pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: