Aksi Heroik PHL PUPR Palembang, Selamatkan 2 Anak Nyaris Tenggelam di Sungai Musi, Begini Kondisinya

Aksi Heroik PHL PUPR Palembang, Selamatkan 2 Anak Nyaris Tenggelam di Sungai Musi, Begini Kondisinya

Kepala Dinas PUPR Palembang, Akhmad Bastari menjenguk korban.--

PALEMBANG, PALPOS. ID- Dua anak kelas 6 sekolah dasar, Andri dan Zaki, nyaris tenggelam di Sungai Musi, tepatnya di pinggiran Benteng Kuto Besak (BKB), Sabtu 27 Januari 2024. 

Untung saja, ada petugas harian lepas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PHL PUPR) Kota Palembang, yang saat itu sedang membersihkan sungai, berhasil menyelamatkan nyawa kedua anak tersebut.

Andri dan Zaki sengaja datang dari tempat tinggal mereka untuk berenang di Sungai Musi. Namun, arus air yang begitu deras membuat keduanya hanyut terbawa arus. 

Beruntung, petugas PUPR, Pak Sandi, yang tengah memonitor kebersihan sungai, segera melompat ke aksi penyelamatan.

BACA JUGA:Bertahan Hidup di Antara Cabang: Kupu-Kupu dan Perjuangan Melawan Predator

BACA JUGA:Diduga Hendak Tawuran, 16 Remaja di Prabumulih Diamankan Tim Gabungan Polres Prabumulih

"Saya segera menarik Zaki dengan sebatang bambu. Kemudian saya terjun ke sungai dan segera menolong Andri yang sudah tenggelam di bawah eceng gondok," ujar Sandi, yang dengan sigap menyelamatkan kedua anak itu.

Setelah ditarik ke darat, Andri yang dalam keadaan tidak sadar segera mendapat pertolongan. Petugas PUPR melakukan tindakan darurat dengan mengeluarkan air dari tubuhnya dan memberikan napas buatan. 

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ir H Ahmad Bastari Yusak ST MT IPM ASEAN-Eng, mengungkapkan rasa syukurnya karena dua anak ini bisa selamat.

BACA JUGA:Benang Keajaiban: Menelusuri Unsur Tersembunyi di Dalam Kepompong

BACA JUGA:Redmi K70 Ultra: Kehebatan Ponsel Andalan dengan RAM 24 GB dan Layar 8T LTPO OLED

"Alhamdulillah, petugas kami bisa membantu menyelamatkan nyawa kedua anak tersebut dan dapat bernapas kembali," ujar Bastari. 

Keduanya kemudian dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lanjutan. 

Kepada orang tua, Bastari memberikan pesan agar lebih memperhatikan anak-anaknya. "Sungai Musi sedang pasang dan arusnya cukup deras. Semoga kejadian serupa tidak terulang," tukasnya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: