Imigrasi Palembang Tingkatkan PNBP dari Paspor

 Imigrasi Palembang Tingkatkan PNBP dari Paspor

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang, yang merupakan bagian dari Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan.

Telah mencatat peningkatan signifikan dalam penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari layanan pembuatan paspor pada tahun 2023.

Capaian tersebut, sebesar Rp28,8 miliar, melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp5,050 miliar hingga mencapai lebih dari 500 persen.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Sumatera Selatan

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan BPK RI

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan, menyatakan bahwa keberhasilan tersebut menjadi motivasi bagi mereka untuk meningkatkan target PNBP hingga mencapai Rp10 miliar pada tahun 2024.

Ridwan juga menekankan bahwa peningkatan target tersebut dilakukan sejalan dengan pertumbuhan permintaan layanan pembuatan paspor yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut Ridwan, layanan pembuatan paspor yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Palembang mencakup enam kabupaten dan kota di wilayah kerjanya, yaitu Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin.

BACA JUGA: Puncak Peringatan HBI ke-74, Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara dan Tasyukuran

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Dorong Pelayanan Berbasis HAM di Pemkab Empat Lawang

Selama tahun 2023, kantor tersebut berhasil melayani sekitar 50.000 permohonan paspor baru dan penggantian buku. Layanan tersebut disediakan melalui dua jalur utama.

Yaitu pelayanan reguler pada jam kerja Senin-Jumat di Kantor Imigrasi Palembang, dan melalui pelayanan pengembangan inovasi dengan sistem jemput bola serta pelayanan khusus di akhir pekan atau hari libur.

Adeb Yoenoes, Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, menambahkan bahwa pada Januari 2024.

BACA JUGA: Peringati HBI ke- 74, Kanwil Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: