Penurunan Harga Sembako dan Penambahan Penerima JKN Jadi Tuntutan Utama Desa-desa Tertinggal di OKU Selatan

Penurunan Harga Sembako dan Penambahan Penerima JKN Jadi Tuntutan Utama Desa-desa Tertinggal di OKU Selatan

Tampak keakraban anggota dapil V dengan warga OKUS-Foto: Popa Delta-

Hal ini menyebabkan desa-desa tersebut jarang tersentuh oleh pembangunan yang signifikan.

"Desa-desa ini berada di Kecamatan Buay Pemaca, lokasinya di atas pegunungan, perbukitan, dan perairan. Ini masuk skala prioritas Dapil V, kami mohon kepada Pemerintah Provinsi Sumsel untuk dapat membantu membangun desa-desa itu," ungkap Iwan Hermawan.

Berdasarkan kunjungan tersebut, terungkap bahwa ada sejumlah aspirasi penting yang disampaikan oleh warga, termasuk permintaan untuk menyelesaikan persoalan status desa di kawasan hutan marga satwa dan hutan lindung, perbaikan beronjong yang tanahnya tergerus oleh sungai, pengecoran dan perbaikan jalan serta jembatan penghubung antardesa, serta pembangunan irigasi.


Hj Tina Malinda memberikan cinderamata sebagai kenang-kenangan-Foto: Popa Delta-

Tak hanya itu, warga juga menyuarakan kebutuhan akan pengecoran dan pengerasan jalan di wilayah Kecamatan Runjung Agung, serta mendesak agar pembangunan talud/drainase segera direalisasikan.

BACA JUGA:Bentuk Desa Binaan Imigrasi, Kemenkumham Sumsel Libatkan Maysrakat dalam Pengawasan Keimigrasian

BACA JUGA:Melalui Pupuk Indonesia, Pemerintah Jaga Ketersediaan Pupuk untuk Petani Cilacap

Mereka juga menginginkan bantuan berupa alat pertanian seperti jonder atau handtraktor, pupuk bersubsidi maupun non-subsidi, serta hewan ternak dan bibit ikan untuk mendukung pengembangan agrobisnis di pedesaan.

Tidak hanya dalam bidang pertanian, warga juga mengajukan permintaan untuk realisasi program internet desa, kenaikan harga hasil bumi, penurunan harga sembako, penambahan kuota penerima bantuan sosial, dan peningkatan ketersediaan air bersih dengan bantuan sumur bor atau air bersih dari PDAM.

Dalam menanggapi aspirasi ini, Iwan Hermawan menegaskan bahwa semua aspirasi tersebut akan menjadi prioritas bagi Dapil V DPRD Sumsel.

Rencananya, aspirasi tersebut akan disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Sumsel sebagai langkah untuk mendorong realisasi dari pihak yang berwenang.


Anggota Dapil V Yenny Elita memberikan edukasi tentang reses-Foto: Popa Delta-

Selain aspirasi tersebut, masih banyak lagi aspirasi lain yang berhasil ditampung dan disampaikan oleh Dapil V DPRD Sumsel.

Langkah-langkah konkret diharapkan dapat segera dilakukan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di desa-desa tertinggal Kabupaten OKU Selatan.

Terkait dengan tuntutan penurunan harga sembako, masyarakat Desa-desa Tertinggal di OKU Selatan menekankan perlunya kebijakan yang dapat meringankan beban ekonomi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: