Mengungkap Rahasia Kesehatan: Bagaimana Apel Mampu Menangkal Kanker?

Mengungkap Rahasia Kesehatan: Bagaimana Apel Mampu Menangkal Kanker?

Ilustrasi--Foto: Istimewa

KESEHATAN,PALPOS.ID - Apel, buah yang seringkali diabaikan oleh banyak orang, kini semakin mendapat sorotan karena potensinya dalam mencegah kanker. 

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Lett menyebutkan bahwa buah dengan nama Latin Malus ini, mulai dari kulit hingga dagingnya, menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk mencegah risiko kanker usus, paru, dan pankreas.

Menurut para peneliti, kandungan fitonutrien dalam apel memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari risiko kanker. Salah satu jenis flavonoid yang terdapat pada buah ini diketahui efektif untuk mencegah sekaligus mengurangi risiko kanker pankreas. 

Temuan ini memberikan harapan baru dalam upaya pencegahan dan pengobatan kanker, mengingat kanker pankreas seringkali sulit dideteksi pada tahap awal dan memiliki tingkat kesembuhan yang rendah.

BACA JUGA:Konsumsi Jamur Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

BACA JUGA:Obati Panyakit Malaria Secara Alami Dengan Daun Zodia

Tidak hanya itu, penelitian lain yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Oncology menunjukkan bahwa mengonsumsi satu apel setiap hari dapat membantu menurunkan potensi terjadinya kanker payudara sampai 18 persen dan kanker kolorektal sampai 20 persen. 

Hal ini menunjukkan bahwa apel dapat menjadi salah satu bagian penting dari pola makan sehat untuk mengurangi risiko kanker.

Meskipun demikian, para peneliti menekankan perlunya studi lanjutan yang dapat menguatkan efektivitas apel dalam mengatasi kanker pada manusia. 

Meskipun temuan-temuan ini menjanjikan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami secara menyeluruh mekanisme di balik efek perlindungan apel terhadap kanker serta untuk mengevaluasi dampaknya dalam skala populasi yang lebih luas.

BACA JUGA:Atasi Masalah Lambung dan Racun Dalam Tubuh Secara Alami Dengan Daun Senna

BACA JUGA:Apa Perbedaan Oppo Reno 11 Vs Oppo Reno 10 ? Spesifikasi, Performa, Kamera dan Harga, Siapa Paling Gacor ?

Potensi manfaat apel dalam mencegah kanker merupakan hal yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Namun, tidak hanya bergantung pada satu jenis makanan atau buah saja dalam upaya pencegahan kanker. Pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan tetap menjadi kunci utama dalam mengurangi risiko kanker.

Belum banyak yang mengetahui bahwa apel, buah yang sering kita jumpai di pasar atau supermarket, dapat menjadi senjata ampuh dalam melawan kanker. Kebanyakan orang mungkin menganggap apel hanya sebagai camilan sehat atau sebagai bahan dasar dalam pembuatan jus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: