Pembentukan Provinsi Sumselbar: Perjuangan dan Potensi Besar Sebagai Provinsi Baru di Sumatera Selatan

Pembentukan Provinsi Sumselbar: Perjuangan dan Potensi Besar Sebagai Provinsi Baru di Sumatera Selatan

Rencana Pemekaran Provinsi Sumsel Barat Makin Mendekati Realisasi Pisah dari Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID - Pembentukan Provinsi Sumselbar: Perjuangan dan Potensi Besar Sebagai Provinsi Baru di Sumatera Selatan.

Di tengah sorotan publik, rencana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) atau Provinsi otonomi baru (POB) hasil pemekaran Provinsi Sumatera Selatan telah mengemuka. 

Kabar terbaru menunjukkan bahwa provinsi baru yang akan terbentuk adalah Provinsi Sumatera Selatan Barat, atau lebih dikenal sebagai Sumselbar. 

Kabar menarik ini memiliki bobot karena setidaknya dua kabupaten dari provinsi tetangga juga siap bergabung dengan Sumselbar. 

BACA JUGA:4 Daerah Penghasil Orang Pintar di Sumatera Selatan Ada Calon Ibukota Provinsi Otonomi Baru

BACA JUGA:Eksplorasi 10 Fakta Menarik dan Persiapan Kabupaten Muba di Sumatera Selatan Menuju Otonomi Baru

Kabupaten Sarolangun dari Provinsi Jambi dan Kabupaten Rejang Lebong dari Provinsi Bengkulu telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan provinsi baru ini.

Keenam kabupaten yang bersiap bergabung dengan Sumselbar adalah Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim, dan Kabupaten PALI. 

Sementara itu, dua kota yang dipilih sebagai calon ibukota Sumselbar adalah Kota Lubuklinggau dan Kota Pagaralam.

Potensi Luas dan Jumlah Penduduk

Dengan luas wilayah mencapai 30.18 ribu kilometer persegi, Provinsi Sumselbar nampaknya akan menjadi salah satu provinsi terluas di Indonesia. 

BACA JUGA:Jejak Marga Sanga Desa: Mengungkap Rumah Pangeran H Anang di Kabupaten Muba Provinsi Sumatera Selatan

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Muba Timur dari Musi Banyuasin: Menanti Era Baru di Sumatera Selatan

Menariknya, wilayah Sumselbar ini lebih besar dibandingkan dengan Provinsi Bangka Belitung (Babel) dan Provinsi Bengkulu, asalkan delapan kabupaten/kota yang direncanakan benar-benar bergabung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: