Safari Ramadhan BPJS Ketenagakerjaan: Meningkatkan Perlindungan Pekerja dan Sinergi Bersama Pemerintah Daerah

Safari Ramadhan BPJS Ketenagakerjaan: Meningkatkan Perlindungan Pekerja dan Sinergi Bersama Pemerintah Daerah

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Yayat Syariful Hidayat menyerahkan santunan kepada ahli waris --kominfo palembang

PALEMBANG, PALPOS.ID- Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, yang diwakili oleh Yayat Syariful Hidayat, memanfaatkan bulan suci Ramadhan sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan dengan Penjabat (Pj) Walikota Palembang, Ratu Dewa, dan Direktur Operasional Bank Sumsel, Arief Yulianto. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Safari Ramadan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah serta perusahaan yang menjadi pesertanya.

Yayat mengungkapkan, apresiasinya terhadap dukungan dari Pj Walikota Palembang Ratu Dewa dalam meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Kota Palembang melalui kebijakan seperti Peraturan Walikota Nomor 17 Tahun 2017 tentang Kewajiban Kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. 

"Kami juga mengapresiasi kerjasama dengan Bank Sumsel Babel. Kami mendukung  perlindungan bagi pekerja non-ASN di Kota Palembang dan Bank Sumsel Babel," jelasnya.

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan dan Pemprov Sumsel Perkuat Sinergi UntukLindungi Pekerja

Lebih lanjut, Yayat menjelaskan bahwa perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan elemen penting untuk mencegah pekerja jatuh dalam kemiskinan ekstrim akibat risiko kecelakaan kerja, kematian, atau masa tua.

Dia berharap sinergi yang telah terjalin dapat terus ditingkatkan untuk melindungi lebih banyak pekerja.

Pada kesempatan tersebut, Yayat dan Pj Walikota Palembang Ratu Dewa menyerahkan santunan kepada ahli waris dengan total santunan Rp193 Juta. 

Dia juga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Inpres nomor 2 tahun 2021 telah menginstruksikan Pemerintah Daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November mendatang, untuk mendaftarkan seluruh petugas ad hoc sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Bakal Lakukan Stikerisasi, Ini Tujuannya..

Selain bertemu dengan Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa, Yayat juga mengunjungi Bank Sumsel Babel yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Di sana, ia mengajak manajemen dan karyawan Bank Sumsel Babel untuk turut serta dalam gerakan nasional SERTAKAN (Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda), yang mendorong perlindungan bagi pekerja informal di sekitar mereka.

Yayat menyatakan bahwa gerakan tersebut adalah perwujudan dari gotong-royong antar sesama pekerja dan menjadi potensi baik bagi peserta Bank Sumsel Babel.

Dia menekankan pentingnya perlindungan jaminan sosial untuk pekerja informal, sehingga mereka bisa mencari nafkah dengan tenang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: