Provinsi Bengkulu Merasakan Dampak Pemekaran Wilayah: Kabupaten Seluma dan Kaur Gabung Palapa Selatan

Provinsi Bengkulu Merasakan Dampak Pemekaran Wilayah: Kabupaten Seluma dan Kaur Gabung Palapa Selatan

Provinsi Bengkulu Merasakan Dampak Pemekaran Wilayah: Kabupaten Seluma dan Kaur Gabung Palapa Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BENGKULU, PALPOS.ID - Provinsi Bengkulu Merasakan Dampak Pemekaran Wilayah: Kabupaten Seluma dan Kaur Gabung Palapa Selatan.

Kabupaten Seluma dan Kaur yang terletak di wilayah Provinsi Bengkulu, mengambil keputusan mengejutkan untuk pindah ke provinsi tetangga yang berdekatan dengan Sumatera Selatan yakni Provinsi Palapa Selatan. 

Keputusan ini muncul seiring dengan usulan pemekaran wilayah yang mengubah dinamika politik dan administratif di Pulau Sumatera.

Dalam perkembangan terbaru, Kabupaten Muko-muko juga disebut-sebut akan bergabung dengan Provinsi DOB Provinsi Puncak Andalas. Ini menandai langkah besar dalam pembentukan provinsi baru di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Provinsi Palapa Selatan Melangkah Maju dengan Usulan Pemekaran Wilayah Sumatera Selatan dan Bengkulu

BACA JUGA:Provinsi Palapa Selatan: Pemekaran Gabungan Sumatera Selatan dan Bengkulu Mencuat ke Permukaan

Meskipun tidak secara langsung terlibat dalam pemekaran wilayah, Provinsi Bengkulu merasakan dampaknya karena wilayahnya semakin terkecil akibat usulan pembentukan dua provinsi baru yang berdampak pada beberapa kabupaten di bawahnya.

Usulan Pemekaran Wilayah

Provinsi Bengkulu, sebuah wilayah yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera, tengah menghadapi usulan pemekaran wilayah yang mengubah lanskap politik dan administratifnya. 

Usulan tersebut mendorong empat kabupaten di wilayah Bengkulu untuk memisahkan diri dari induknya dan bergabung dengan provinsi baru yang disebut Provinsi Palapa Selatan.

Keempat kabupaten tersebut adalah Bengkulu Selatan, Seluma, dan Kaur. 

BACA JUGA:Wacana Pemekaran Provinsi di Sumatera Selatan: Potret Sulitnya Realisasi Provinsi Palapa Selatan

BACA JUGA:Wacana Pemekaran Provinsi di Sumatera Selatan: Potret Kompleksitas dan Potensi Palapa Selatan

Langkah ini dianggap sebagai langkah strategis yang didukung oleh aspirasi masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: