Wacana Pembentukan Provinsi Sumselbar Pemekaran Sumatera Selatan Kembali Hangat Diperbincangkan

Wacana Pembentukan Provinsi Sumselbar Pemekaran Sumatera Selatan Kembali Hangat Diperbincangkan

Wacana Pembentukan Provinsi Sumselbar Pemekaran Sumatera Selatan Kembali Hangat Diperbincangkan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID - Wacana Pembentukan Provinsi Sumselbar Pemekaran Sumatera Selatan Kembali Hangat Diperbincangkan.

Pembicaraan tentang pembentukan Provinsi Sumatera Selatan Barat (Sumselbar) kembali muncul ke permukaan, menciptakan gelombang diskusi yang mengalir di tengah masyarakat. 

Rencana ini disambut baik oleh beberapa segmen masyarakat, termasuk Walikota Lubuklinggau, yang memberikan pandangan positif terhadap pemekaran wilayah tersebut.

Latar Belakang

Pada Rabu, 03 Mei 2023, Walikota Lubuklinggau saat itu H SN Prana Putra Sohe, menegaskan tujuan dari pembentukan Provinsi Sumselbar adalah untuk memotong rentang kendali pelayanan pemerintahan dan mempercepat pemerataan pembangunan. 

BACA JUGA:Rencana Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan Menuju Provinsi Sumselbar Potensi Terobosan Baru

BACA JUGA:Kota Lubuklinggau di Sumatera Selatan: Potensi Sebagai Ibukota Provinsi Sumselbar

Dalam pernyataannya kepada wartawan, beliau menjelaskan bahwa sebelumnya, Sumatera Selatan hanya terdiri dari Sumbagsel, namun sekarang terdapat provinsi-provinsi lain seperti Bengkulu, Lampung, Jambi, dan Bangka Belitung.

Alasan Pembentukan Provinsi Sumselbar

Menurut Walikota Nanan, demikian beliau sering dipanggil, penting untuk tidak hanya melihat rencana pembentukan Provinsi Sumselbar dari sudut politik atau distribusi jabatan semata. 

Dia menekankan bahwa perhatian harus diberikan pada kemajuan pembangunan yang dapat dicapai dengan adanya pemekaran wilayah ini.

Walikota Nanan juga meminta agar jika moratorium pemekaran daerah otonomi baru dicabut, setiap pemerintah daerah yang berharap terbentuknya Provinsi Sumselbar harus mempersiapkan diri dengan mengikuti ketentuan administrasi yang berlaku.

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumselbar: Tonggak Sejarah Baru Menuju Kemajuan Wilayah di Sumatera Selatan

BACA JUGA:Rencana Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan dengan Pembentukan Provinsi Sumselbar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: