Skandal Korupsi Timah Triliunan Rupiah: Harvey Moeis Ditahan Sandra Dewi Terancam Terseret

Skandal Korupsi Timah Triliunan Rupiah: Harvey Moeis Ditahan Sandra Dewi Terancam Terseret

Skandal Korupsi Timah Triliunan Rupiah: Harvey Moeis Ditahan Sandra Dewi Terancam Terseret.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Nilai kerugian negara dalam kasus ini diperkirakan mencapai Rp 271 triliun, yang diyakini akan terus bertambah.

Harvey diduga bersama-sama dengan mantan Direktur Utama PT Timah, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, mengakomodasi kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah untuk memperoleh keuntungan. 

Mereka mengatur agar kegiatan tersebut di-cover dengan menyewa peralatan processing peleburan timah dari beberapa smelter.

Harvey meminta pihak smelter untuk menyisihkan sebagian keuntungan yang dihasilkan, yang kemudian diserahkan kepadanya sebagai dana corporate social responsibility (CSR) melalui PT Quantum Skyline Exchange.

Selain itu, Harvey Moeis juga terlibat dalam kasus korupsi PT Timah sebelumnya, di mana ia juga ditetapkan sebagai tersangka dan akan ditahan untuk kepentingan penyidikan di Rutan Salemba.

Menilik kekayaan yang dimiliki Harvey Moeis, dia merupakan seorang pengusaha yang memiliki bisnis di bidang pertambangan, memiliki saham di beberapa perusahaan tambang batu bara, dan bahkan memiliki jet pribadi. 

Namun, Harvey jarang menampilkan gaya hidupnya di media sosial.

Dengan kasus korupsi yang melibatkan Harvey Moeis dan pihak lain, upaya penegakan hukum terhadap korupsi di sektor pertambangan semakin menunjukkan pentingnya integritas dan transparansi dalam mengelola sumber daya alam yang menjadi kekayaan negara. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: