Personel Pospam Lebaran Polres OKU Bantu Ongkos Pemudik

Personel Pospam Lebaran Polres OKU Bantu Ongkos Pemudik

Petugas Pospam Lebaran Polres OKU saat membantu pemudik yang kehabisan ongkos. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Personel Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran Polres Ogan Komering Ulu (OKU), membantu membiayai ongkos pemudik dari Provinsi Jambi yang kehabisan uang untuk pulang ke Kota Solo, Jawa Tengah.

Pemudik itu bernama Dewi ditemukan kehabisan ongkos di area SPBU Batukuning Baturaja. Yang bersangkutan mudik ke Provinsi Jambi tujuan Kota Solo, namun kehabisan ongkos di tengah jalan, Rabu, 17 April 2024.

Mengetahui hal itu, Personil Pos Pam memberikan bantuan dengan mengantar ke loket bus di Kota Baturaja tujuan Solo dan memberikan bantuan ongkos secukupnya.

Kapolres OKU, AKBP Imam Zamroni melalui Ka Pos Pam Batu Kuning Iptu Zulhanas didampingi Ipda Edi Marosa, saat dikonfirmasi, Kamis 18 April 2024 mengatakan peristiwa berawal saat petugas Pos Pam Lebaran Batu Kuning Polres OKU melihat 1 orang perempuan paruh baya dan 1 orang perempuan dengan menggandong anaknya terlihat kebingungan di pinggir jalan tidak jauh dari Pos Pam Lebaran Batu Kuning.

Melihat itu petugas langsung menghampirinya dan mempersilahkan warga tersebut untuk istirahat ke Pos Pam Lebaran Batu Kuning Polres OKU. Setelah di Pos Pam Lebaran Batu Kuning Polres OKU, petugas lalu bertanya kepada kedua perempuan dan satu anak laki-laki tersebut.

BACA JUGA:Kapolres OKU Sebut Arus Balik Aman dan Lancar

BACA JUGA:Polres OKU Minta Pengunjung Objek Wisata Goa Putri Patuhi Tanda Larangan

Berdasarkan pengakuannya kepada petugas, mereka mengaku sedang melakukan perjalanan dari Provinsi Jambi menggunakan kendaraan umum Bus hendak ke Solo. Namun kehabisan ongkos dan diturunkan di Kota Baturaja.

Mendengar pengakuan tersebut, Iptu Zulhanas meminta bantuan Ipda Edi Marosa yang juga bertugas di Pos Pengamanan Lebaran Batu Kuning untuk mengantar masyarakat tersebut ke Loket Bus di Kota Baturaja.

Sementara Ipda Edi Marosa membenarkan bahwa ada masyarakat yang kehabisan ongkos dijalan, langkah yang dilakukan yaitu mengeluarkan surat keterangan kepada masyarakat tersebut lantaran kehabisan ongkos. 

"Kami berikan surat dispensasi agar bisa dilayani oleh angkutan, baik bus, kapal, maupun kereta. Namun tidak semua masyarakat/pemudik mudah untuk mendapat surat dispensasi karena kehabisan ongkos. Pasalnya, pihaknya akan memberikan surat tersebut kepada masyarakat/pemudik yang benar-benar tidak mempunyai uang untuk kembali ke tempat tujuannya," tegasnya.

Menurut dia, apa yang dilakukan petugas Pos Pam Batukuning ini merupakan bentuk kepedulian dan pelayanan Polri agar masyarakat/pemudik dapat dengan nyaman dan aman sampai tujuan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: