Pemekaran Wilayah Jawa Barat: Langkah Strategis Menuju Era Baru dengan Tiga Provinsi Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah Jawa Barat: Langkah Strategis Menuju Era Baru dengan Tiga Provinsi Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah Jawa Barat: Langkah Strategis Menuju Era Baru dengan Tiga Provinsi Otonomi Baru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Pemekaran wilayah di Provinsi Jawa Barat kembali menjadi sorotan utama setelah suksesnya pemekaran Kabupaten Bogor. 

Kini, Kabupaten Sukabumi tengah mempersiapkan langkah besar untuk membentuk dua kabupaten daerah otonomi baru, menyusul tren pemekaran yang tengah melanda Indonesia.

Kabupaten Sukabumi, yang memiliki luas wilayah mencapai 4.14 ribu kilometer persegi dan terdiri dari 47 kecamatan, telah memenuhi kriteria yang diperlukan untuk membentuk daerah otonomi baru. 

Dengan populasi mencapai 2.57 juta jiwa, jumlah ini sebanding dengan mata pilih Dapil Sumsel 1 pada Pemilu 2019.

Pemekaran ini akan menghasilkan dua kabupaten baru yang menarik, yakni Kabupaten Sukabumi Utara dan Kabupaten Jampang, dengan dukungan total dari 39 kecamatan di Kabupaten Sukabumi. 

Berikut adalah rincian rencana pemekaran yang akan membawa perubahan signifikan di Jawa Barat:

Rencana Pemekaran:

1. Kabupaten Sukabumi Utara

Rencana pembentukan Kabupaten Sukabumi Utara telah mendapat dukungan dari 21 kecamatan, melibatkan Kabandungan, Cicurug, Cidahu, Parakan Salak, Caringin, Kalapa Nunggal, Bojong Genteng, Parung Kuda, Ciambar, Nagrak, dan Cibadag. 

Serta melibatkan Kecamatan Geger Bitung, Kebonpedes, Cireunghas, Sukalarang, Sukabumi, Sukaraja, Kadudampit, Cisaat, Gunungguruh, dan Civatayan. Ibukota Kabupaten Sukabumi Utara direncanakan berada di Kecamatan Cibadak.

2. Kabupaten Jampang

Wacana pembentukan Kabupaten Jampang mendapat dukungan dari 18 kecamatan, termasuk Jampang Tengah, Nyalindung, Sagaranten, Curugkembar, Ciracap, Ciemas, Surade, Cibitung, Jampang Kulon, Waluran, Tegal Buleud. 

Serta melibatkan Kecamatan Kali Bunder, Cimanggu, Pabuaran, Lengkong, Cidadap, Purabaya, dan Cidolog. Ibukota Kabupaten Jampang direncanakan berada di Kecamatan Jampang Tengah.

Dukungan luas dari kecamatan-kecamatan ini menjadi pijakan penting bagi rencana pemekaran, mencerminkan aspirasi kuat masyarakat Sukabumi untuk meningkatkan pelayanan dan pembangunan di tingkat lokal.

Pentingnya Pemekaran:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: