Imigrasi Palembang tuntaskan paspor haji gelombang I Sumsel-Babel

Imigrasi Palembang tuntaskan paspor haji gelombang I Sumsel-Babel

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang merayakan keberhasilannya dalam menuntaskan pelayanan pemeriksaan paspor untuk pemberangkatan sekitar 4.000 calon haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Babel) melalui Embarkasi Haji Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II langsung ke Madinah.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan, menyatakan keberhasilan ini dengan bangga.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Hadiri Rapat Kerja Program Pemajuan dan Penegakan Hak Asasi Manusia Tahun 2024

BACA JUGA: Temui Menkumham, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Bahas Ini

"Hari ini merupakan hari terakhir pelayanan pemberangkatan bagi 450 calon haji gelombang pertama asal Sumatera Selatan (Sumsel)," ujarnya di Palembang, kemarin.

Sementara calon haji asal Bangka Belitung (Babel) telah diberangkatkan pada 15 - 18 Mei 2024.

Untuk menangani jumlah calon haji yang cukup besar, pihaknya telah menyiapkan 75 petugas untuk melayani pemeriksaan paspor calon haji asal Sumsel-Babel yang diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Palembang pada musim haji 1445 Hijriah/2024.

BACA JUGA: Temui Menkumham, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Bahas Ini

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Gelar Bimtek Tingkatkan profesionalisme petugas penyelenggara makanan di Lapas

Tercatat, calon haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Palembang berjumlah 8.506 orang, dengan rincian 7.295 orang asal Sumsel dan 1.116 asal Kepulauan Babel, serta didampingi oleh 95 petugas haji.

Pemberangkatan calon haji dari dua provinsi tersebut dibagi menjadi 19 kloter dalam dua gelombang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines, di mana setiap kloternya mengangkut 450 orang.

Gelombang pertama, yang terdiri dari kloter 1 hingga 9, mulai diberangkatkan pada tanggal 12 hingga 23 Mei 2024 dari Bandara SMB II Palembang langsung ke Madinah.

BACA JUGA: Panel Evaluasi Pembangunan Zona Integritas, Kanwil Kemenkumham Sumsel Dorong Satker Raih WBK

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Utamakan Digitalisasi dalam Pelayanan

Sedangkan gelombang kedua, kloter 10 hingga 19, mulai berangkat pada 24 Mei hingga 4 Juni 2024 dari Palembang langsung ke Jeddah, kata Ridwan.

Sebelumnya, Ketua Satgas Pemberangkatan Haji Imigrasi Palembang, Adep Yoenoes, menjelaskan bahwa pemeriksaan paspor dan entry data perlintasan calon haji menggunakan sistem manajemen pengawasan wilayah perbatasan (Border Control Management/BCM) dan penerapan cap oleh petugas dilakukan di Asrama Haji Kota Palembang.

BACA JUGA:Bangkit Untuk Indonesia Emas, Kanwil Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-

BACA JUGA: Kanwil Kemenkumham Sumsel Ikuti FGD Penyelenggaraan Pelaporan LHKAN Melalui Aplikasi Seraya

"Untuk melakukan pelayanan pemeriksaan paspor 8.506 calon haji asal Sumsel dan Babel yang tergabung dalam 19 kloter itu, diturunkan tiga tim dengan anggota masing-masing tim 25 orang," ujar Kasatgas yang juga Kasilantaskim itu.

Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumsel, Ilham Djaya, memberikan apresiasi kepada Satgas Imigrasi Palembang yang telah sukses menjalankan tugas pelayanan kepada calon haji dengan baik pada gelombang pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: