Pemkab OKU Distribusikan 11 Ribu Paket Sembako Untuk Korban Banjir

Pemkab OKU Distribusikan 11 Ribu Paket Sembako Untuk Korban Banjir

Bantuan korban banjir di Kabupaten OKU. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mendistribusikan bantuan sebanyak 11 ribu paket sembako untuk korban banjir bandang yang terjadi di wilayah itu pada Kamis (23/5).

"Ada sebanyak 11 ribu paket sembako yang disalurkan untuk korban banjir di OKU," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Januar Efendi, Rabu, 29 Mei 2024.

Dia mengatakan, bantuan sosial tersebut bersumber dari dana tanggap darurat bencana Pemerintah Kabupaten OKU Tahun Anggaran 2024 dengan total sebesar Rp800 juta.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa paket sembako berisi beras, minyak goreng dan mie instan.

Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap korban banjir guna meringankan kebutuhan pokok sehari-hari pasca-dilanda bencana alam.

BACA JUGA:BPBD OKU Catat 10.816 Rumah Warga Terdampak Bencana Banjir

BACA JUGA:PMI OKU Buka Posko Pengungsian Korban Banjir

Pendistribusian bantuan dilakukan secara bertahap ke seluruh wilayah di Kabupaten OKU yang terdampak bencana banjir bandang.

Berdasarkan data, kata dia, banjir bandang akibat luapan Sungai Ogan tersebut melanda hampir seluruh kecamatan di Kabupaten OKU dengan ketinggian air mencapai dua meter.

Akibat bencana alam tersebut tercatat sebanyak 45.208 jiwa warga OKU terdampak banjir dengan jumlah rumah yang terendam air mencapai 10.816 unit.

Bahkan akibat bencana alam tersebut merenggut lima korban jiwa dan dua orang lainnya hingga kini masih dalam pencarian.

"Mudah-mudahan bantuan yang diberikan ini dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat pasca-dilanda banjir," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: