Strategi Mengatur Waktu

Strategi Mengatur Waktu

Andi Wijaya Adani-Foto: Istimewa-

Untuk itu kita harus dapat memanfaatkan teknologi agar dapat menghemat waktu yang ada sehingga kita tidak harus bertemu secara fisik.

Membentuk group diskusi di Black Berry, WhatsApp, e-mail ataupun di sosial media lainnya dapat mengurangi frekuensi untuk diskusi secara langsung. 

Melalui email kita dapat mengirim dokumen dalam bentuk apapun, sehingga hampir semua hal dapat didiskusikan terlebih dahulu untuk mengurangi pertemuan fisik.

Dapat dibayangkan berapa waktu dan biaya yang dapat dihemat terutama jika jaraknya berjauhan.

Melalui teknologi yang ada di gadget, kita juga memunginkan untuk  kita membuat shcedule dan sekalian catatan-catatan yang akan mengingatkan kita secara otomatis sesuai dengan yang telah kita programkan. 

3.Pendegelasian Tugas

Sesuatu yang manusiawi bahwa setiap kita memiliki keterbatasan baik secara fisik maupun sumber daya lain, terutama keterbatasan dalam hal waktu.

Untuk itu kita wajib mendeglasikan sebagian tugas ke pada orang lain.

Tetapi perlu diingat disini bahwa yang didelegasikan adalah tugas, tetapi tanggungjawab akan tetap dipundak pemberi delegasi.

Oleh sebab itu walau tugas telah didelegasikan tetapi control tetap harus dilaksanakan oleh pemberi delegasi.

Di dalam mendeglasikan pimpinan harus jelas dalam memberikan arahan, sehingga jelas output apa yang diinginkan dan kapan waktu harus diselesaikan.

Ada kepercayaan yang berkembang di praktisi menejemen “jika ingin mendelegasikan tugas maka pilihlah staf yang sibuk maka tugas tersebut akan selesai dengan tepat waktu” dan jangan sebaliknya.

4.Datang Lebih Awal

Datang lebih awal ke tempat kerja akan sangat menghemat waktu.

Pertama akan hemat, karena akan lebih terhindar dari kemacetan lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: