Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Wacana Pembentukan Otonomi Baru Sumatera Tenggara Terus Mengemuka

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Wacana Pembentukan Otonomi Baru Sumatera Tenggara Terus Mengemuka

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Wacana Pembentukan Otonomi Baru Sumatera Tenggara Terus Mengemuka.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUMATERA UTARA, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Wacana Pembentukan Otonomi Baru Sumatera Tenggara Terus Mengemuka.

Usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara atau Sumtra sebagai provinsi baru dari hasil pemekaran Provinsi Sumatera Utara semakin mengemuka. 

Dukungan datang dari berbagai tokoh masyarakat, mantan anggota DPR RI, hingga mantan Bupati, yang bersatu untuk mewujudkan daerah otonomi baru (DOB) ini, meskipun moratorium DOB belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.

Provinsi Sumatera Utara saat ini memiliki 33 kabupaten/kota, dengan wilayah yang luas mencapai 72.981 kilometer persegi.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Intip Profil Tiga Provinsi Otonomi Baru di 'Kota Melayu Deli'

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Usulan Pembentukan Tiga Provinsi Otonomi Baru Terus Menggelinding

Diusulkannya pemekaran provinsi hingga menjadi tiga provinsi baru dianggap sangat layak, terutama untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Provinsi Sumatera Tenggara: Profil dan Potensi

Wilayah dan Luas

Provinsi Sumatera Tenggara yang diusulkan ini akan mencakup satu kota dan empat kabupaten, dengan luas wilayah 20.089 kilometer persegi. 

Luas ini sekitar 27 persen dari total luas wilayah Provinsi Sumatera Utara. 

Jika dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia, Provinsi Sumatera Tenggara nantinya akan lebih luas sedikit dari Provinsi Bengkulu (19.9 ribu kilometer persegi), tiga setengah kali luas Provinsi Bali (5.78 ribu kilometer persegi), dan tiga kali luas Provinsi Bangka Belitung (6.6 ribu kilometer persegi).

BACA JUGA:Moratelindo Memperluas Jangkauan MoNICA dengan Soft Launching di Medan, Sumatera Utara

BACA JUGA:Pembentukan Dua Provinsi Baru: Tapanuli dan Nias Membawa Harapan Baru untuk Pembangunan Sumatera Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: