Pemekaran Wilayah Jawa Timur: Tujuh Alasan Pembentukan Otonomi Baru Provinsi Madura

Pemekaran Wilayah Jawa Timur: Tujuh Alasan Pembentukan Otonomi Baru Provinsi Madura

Pemekaran Wilayah Jawa Timur: Tujuh Alasan Pembentukan Otonomi Baru Provinsi Madura.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Yotube @Raja Drone

Seiring dengan wacana pembentukan Provinsi Madura, empat kabupaten di Madura juga merencanakan pemekaran wilayah untuk memenuhi syarat pembentukan provinsi baru. 

Saat ini, Madura terdiri dari empat kabupaten: Pamekasan, Bangkalan, Sampang, dan Sumenep. 

Untuk memenuhi syarat minimal lima kabupaten dalam satu provinsi, akan dibentuk empat kota dan satu kabupaten baru hasil pemekaran dari empat kabupaten tersebut.

Pembentukan Kota dan Kabupaten Baru

Kabupaten Pamekasan akan memekarkan Kota Pamekasan.

Kabupaten Bangkalan akan memekarkan Kota Bangkalan.

Kabupaten Sampang akan memekarkan Kota Sampang.

Kabupaten Sumenep akan memekarkan Kota Sumenep dan Kabupaten Sumenep Kepulauan.

Dengan pemekaran ini, Provinsi Madura akan terdiri dari lima kabupaten dan empat kota, sehingga memenuhi syarat minimal untuk menjadi provinsi baru.

Ibukota Provinsi Madura

Rencana menetapkan ibukota Provinsi Madura di Kabupaten Pamekasan didasarkan pada berbagai pertimbangan, termasuk letak geografis yang strategis dan potensi pengembangan infrastruktur yang ada. 

Pamekasan diharapkan dapat menjadi pusat pemerintahan yang efisien dan dinamis, serta mampu mengakomodasi kebutuhan administrasi dan pelayanan publik di seluruh wilayah Madura.

Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk

Setelah pemekaran, Provinsi Madura akan memiliki luas wilayah sekitar 5.166 kilometer persegi, yang merupakan sekitar 11 persen dari luas wilayah Provinsi Jawa Timur yang mencapai 48.037 kilometer persegi. 

Jumlah penduduk Provinsi Madura diperkirakan akan mencapai lebih dari 4 juta jiwa, berdasarkan data sensus penduduk BPS tahun 2021. Ini merupakan sekitar 9,8 persen dari total penduduk Provinsi Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: