Pemekaran Wilayah Jawa Barat: Inilah 10 Daerah Paling Kaya dan Siap Bentuk Daerah Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah Jawa Barat: Inilah 10 Daerah Paling Kaya dan Siap Bentuk Daerah Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah Jawa Barat: Inilah 10 Daerah Paling Kaya dan Siap Bentuk Daerah Otonomi Baru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

JAWA BARAT, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Jawa Barat: Inilah 10 Daerah Paling Kaya dan Siap Bentuk Daerah Otonomi Baru.

Pemekaran wilayah merupakan salah satu strategi yang sering diambil oleh pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan pelayanan publik. 

Jawa Barat, provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, menjadi salah satu daerah yang terus melakukan kajian dan persiapan untuk pembentukan daerah otonomi baru (DOB). 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ukuran kaya atau tajir suatu daerah diukur dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita, yaitu pendapatan rata-rata penduduk yang didapat dari hasil bagi antara PDRB dengan populasi.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Jawa Barat: Tujuh Kecamatan Bergabung Daerah Otonomi Baru Kabupaten Bogor Selatan

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Jawa Barat: Giliran Tujuh Kecamatan Gabung Daerah Otonomi Baru Kabupaten Bogor Timur

Jawa Barat dengan luas wilayah 35.377,76 kilometer persegi dan ibukota di Bandung, memiliki wilayah administratif yang terdiri dari 18 kabupaten, 9 kota, 627 kecamatan, 645 kelurahan, dan 5.312 desa. 

Secara umum, PDRB Jawa Barat per kapita mencapai Rp41.814.000, dengan PDRB per kapita kabupaten/kota tertinggi Rp112.990.041 dan terendah sebesar Rp20.978.900. 

Berdasarkan informasi yang dilansir dari akun YouTube Mahasiswa Geografi, berikut adalah 10 daerah paling kaya di Jawa Barat yang dinilai siap membentuk daerah otonomi baru.

1. Kota Bandung

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung tidak hanya menjadi pusat pemerintahan tetapi juga pusat ekonomi, budaya, dan pendidikan. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Jawa Barat: Dua Kecamatan Rebutan Jadi Ibukota Daerah Otonomi Baru Kabupaten Bogor Barat

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Jawa Barat: 14 Kecamatan Siap Gabung Daerah Otonomi Baru Kabupaten Bogor Barat

Dengan kepadatan penduduk tertinggi kedua setelah Jakarta, Bandung memiliki PDRB per kapita sebesar Rp112.990.041, tertinggi di Jawa Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: