Pemekaran Wilayah Kepulauan Riau: Inilah 10 Fakta Menarik Daerah Otonomi Baru Provinsi Batam

Pemekaran Wilayah Kepulauan Riau: Inilah 10 Fakta Menarik Daerah Otonomi Baru Provinsi Batam

Pemekaran Wilayah Kepulauan Riau: Inilah 10 Fakta Menarik Daerah Otonomi Baru Provinsi Batam.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Data BPS tahun 2021 mencatat persentase penduduk miskin di Batam sebesar 5,05 persen, atau setara dengan 77,17 ribu jiwa.

Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah kota dan pemangku kepentingan untuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan penduduk melalui berbagai program sosial dan ekonomi.

5. Potensi Pariwisata yang Besar

Kota Batam juga memiliki potensi pariwisata yang besar dengan berbagai tempat wisata menarik. 

Beberapa di antaranya adalah Batam Forest Top, Tangga 1000 Taman Habibie, Pantai Tanjung Pinggir, Pantai Ranoh, Pantai Elyora, Tebing Langit Sekupang, Funtasy Island, Pantai Galang Mas, Pulau Tunjuk, dan Monumen Welcome to Batam. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kepulauan Riau: Lima Fakta Unik Calon Daerah Otonomi Baru Provinsi Batam

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kepulauan Riau: Delapan Kawasan Industri di Daerah Otonomi Baru Provinsi Batam

Keindahan alam dan atraksi wisata ini menjadikan Batam sebagai destinasi wisata yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut.

6. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang adalah ikon Kota Batam yang menghubungkan beberapa pulau di kawasan tersebut. 

Jembatan ini terdiri dari enam jembatan, yang menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. 

Jembatan ini tidak hanya berfungsi sebagai penghubung fisik, tetapi juga simbol kemajuan dan perkembangan infrastruktur Batam.

7. Runway Terpanjang di Asia Tenggara

Kota Batam memiliki infrastruktur yang tertata dengan baik, termasuk jaringan kabel listrik yang ditanam di dalam tanah untuk menghindari tampilan semrawut. 

Kota ini juga memiliki landasan pacu di Bandara Hang Nadim sepanjang 4.025 meter, menjadikannya landasan terpanjang di Asia Tenggara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: