Sebanyak 90 Orang WBP Lapas Sekayu Jalani Skrining Kesehatan Penyakit TB

Sebanyak 90 Orang WBP Lapas Sekayu Jalani Skrining Kesehatan Penyakit TB

WBP Lapas Sekayu saat pengecekkan kesehatan TB.-@lapassekayu-dokumen /Palpos.Id

SEKAYU, PALPOS. ID. - Sebanyak 90 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas SEKAYU menjalani skrining kesehatan penyakit Tuberkulosis (TB), Rabu 3 Juni 2024.

Para warga binaan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan Lapas SEKAYU, bekerja sama dengan Balai Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BLKM) Palembang, Dinas Kesehatan Musi Banyuasin, dan Puskemas Balai Agung.

Pemeriksaan diawali dengan wawancara, kemudian pengambilan sampel dahak untuk pemeriksaan TB.

Kalapas SEKAYU, Yosef Leonard Sihombing mengatakan, skrining kesehatan tersebut perlu dilakukan, sebagai upaya antisipasi sedini mungkin terhadap gejala, dan penyebaran penyakit, antar warga binaan di Lapas SEKAYU.

BACA JUGA:Lapas Sekayu Perketat Barang Masuk Melalui Pemeriksaan X-Ray

BACA JUGA:Lapas Sekayu Berikan Makanan Tambahan dan Periksa Kesehatan Warga Binaan Lansia

"Kami akan melakukan pengawasan, dengan cara pemeriksaan secara rutin dan berkala, kepada seluruh warga binaan,” kata Yosef.

Lebih lanjut, Kalapas Sekayu berharap, penyebaran virus TB di dalam Lapas dapat terindentifikasi, sehingga resiko penyebarannya dapat diketahui dan dipantau.

“Upaya ini juga diharapkan dapat berkontribusi dalam mencegah penyebaran penyakit menular ke masyarakat, apabila warga binaan bebas dan kembali ke lingkungan sosial,” ujar Yosef.

Pada kesempatan itu juga, Kalapas Sekayu mengucapkan terima kasih kepada pihak BLKM Palembang, Dinas Kesehatan Muba, dan Puskesmas Balai Agung atas kegiatan skrining kesehatan yang berlangsung. Harapannya, kerja sama yang baik tersebut, dapat dilanjutkan di kesempatan berikutnya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: