Majukan Daerah Melalui Program Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

Majukan Daerah Melalui Program Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

Pemkab Muba gandeng perusahaan sektor energi listrik cetak tenaga kerja berkompeten.-@kominfomuba-dokumen/palpos

SEKAYU, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten Muba terus menggencarkan penyiapan tenaga kerja lokal yang berkompeten dan profesional, dengan sinergi bersama perusahaan dalam upaya optimalisasi penyerapan tenaga kerja.

Kali ini Pemkab Muba melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bersama PT. DSSP Power Sumsel kembali melaksanakan Pembukaan Rekrutmen Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik (PTPL).

Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi yang membuka secara resmi kegiatan ini di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Sekayu 24 Juli 2024menyampaikan rasa bangga dan bahagianya karena PT DSSP Power Sumsel.

Salah satu perusahaan yang bergerak di sektor energi listrik memberikan perhatian dan prioritas kepada putra putri terbaik Muba untuk bergabung dan berkontribusi dalam pengembangan perusahaan.

BACA JUGA:Dapat Info Adanya Gerombolan Bermotor Bersenjata, Samapta Polres Muba Lakukan Swepping

BACA JUGA:Muba Tingkatkan Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Dalam Pengendalian Karhutbunlah

"Ini adalah bukti nyata dari komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia lokal dan memberikan kesempatan kepada generasi muda Muba untuk berkarir di bidang energi. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Disnakertrans yang telah bekerjasama dengan PT DSSP Power Sumsel dalam menyelenggarakan acara ini. Kerja keras dan dedikasi kalian dalam mengelola dan mempersiapkan rekrutmen ini sangat berarti bagi kemajuan daerah kita," ucap Sandi Fahlepi.

Menurutnya, rekrutmen tenaga kerja lokal memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan daerah. Karena  tidak hanya mengurangi angka pengangguran, tapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, tenaga kerja lokal yang terlibat langsung dalam industri energi akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan mereka, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi perekonomian daerah.

"Kepada seluruh peserta tes tertulis manfaatkan kesempatan ini, karena ini adalah langkah awal untuk masa depan yang lebih baik, tunjukkan kemampuan terbaik, junjung tinggi kejujuran, dan tetap semangat jangan menyerah apapun hasil dari tes ini juga pernah menyerah," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disnakertrans Muba H Mursalin SE MM melaporkan program rekrutmen ini merupakan program berkelanjutan dari PT DSSP Power Sumsel, dimana kerjasama rekrutmen tenaga kerja ini telah berjalan kali keempat dengan tetap memprioritaskan putra putri Kabupaten Muba.

BACA JUGA:Cegah Potensi Korupsi dari Dana Desa, Kejari Muba Berikan Pembekalan ke Kades di Muba

BACA JUGA:Pj Bupati Sandi : Kades Harus Pertahankan Zero Konflik di Muba dan Kolaborasi Cegah Karhutbunlah.

"Tahun ini PT DSSP Power memberikan kesempatan bagi putra putri Muba untuk mengikuti program ikatan Dinas pendidikan tenaga pembangkit listrik yang dikhususkan untuk lulusan siswa siswi SMK untuk mengisi jabatan, turbine operator, water treatment operator, performance engineering, elektrical maintenance, dan mechanical maintenance," kata Mursalin.

Ia juga melaporkan capaian penempatan tenaga kerja atau rekrutmen yang telah dilaksanakan, yakni tahun 2023 sebanyak 462 orang, dan untuk tahun 2024 sampai dengan Juni sebanyak 103, yang ditempatkan di sektor migas dan pertambangan, perkebunan, perdagangan, perbankan, industri pengolahan, dan sektor jasa lainnya.

"Untuk mendorong program penempatan tenaga kerja dalam tahun 2024 Disnakertrans masih ada program unggulan yaitu program job fair yang akan dilaksanakan bulan September mendatang. Kami optimis job fair tahun ini akan membuka lowongan kerja yang maksimal dan terpenuhinya pencapaian target kinerja yang telah kita tetapkan," tuturnya.

Sementara Direktur PT DSSP Power Sumsel Awaludin Latif Shaubari mengatakan program ini adalah komitmen perusahaan untuk menjadi bagian dari pembangunan di lingkungan sekitarnya, dan berharap kerjasama tersebut terus berkelanjutan.

BACA JUGA:Polres Muba Bongkar BBM Bersubsidi Oplosan, Ini Tersangka dan Barang Buktinya..

BACA JUGA:Jaksa dan Pegawai Kejari Muba di Tes Urine, Ini Kata Kajari Muba Roy Riady...

"Kita sudah siapkan program terstruktur sistematis yang nantinya akan bawa adik-adik kepada profesionalisme siap menjadi tenaga teknis di perusahaan pembangkit listrik. Mudah-mudahan program ini berkelanjutan terus," pungkasnya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: