Kopi Lahat Naik Kelas, dari Kebun ke Pasar Digital: Inisiatif Tokopedia Gelar Pelatihan untuk Petani Kopi

Kopi Lahat Naik Kelas, dari Kebun ke Pasar Digital: Inisiatif Tokopedia Gelar Pelatihan untuk Petani Kopi

Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications E-commerce Tokopedia dan ShopTokopedia bersama tim dari SCOPI memetik kopi di Desa Lubuk Selo, Gumay Ulu Lahat-erika/palpos.id-

LAHAT, PALPOS.ID- Tokopedia dan ShopTokopedia, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten LAHAT, terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung petani kopi lokal. 

Melalui berbagai program pelatihan dan inisiatif, mereka berusaha meningkatkan kualitas dan daya saing biji kopi dari Kabupaten Lahat di pasar nasional dan internasional.

Sejak Juni 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia berkolaborasi dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) mengadakan 'Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi'. 

Program ini mencakup workshop dan pendampingan bagi 1.000 petani kopi lokal di Kabupaten Lahat. Tujuannya adalah untuk membantu para petani meningkatkan kualitas biji kopi agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Respon Cepat Kemenkumham Sumsel Soal Meninggalnya Narapidana Lapas Merah Mata

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat, Vivi Anggraini S.STP, M.Si, mengungkapkan, komoditas kopi di Kabupaten Lahat memiliki potensi yang luar biasa dan harus diperjuangkan. 

Kabupaten Lahat merupakan salah satu dari empat daerah penghasil kopi terbesar di Sumatra Selatan. 

"Kami mengapresiasi langkah Tokopedia dan ShopTokopedia serta SCOPI dalam mendukung pengembangan potensi sektor kopi di Lahat. Kami berharap program pelatihan ini dapat membantu para petani kopi di Lahat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam budidaya kopi yang berkelanjutan sehingga biji kopi Lahat bisa mendapatkan panggung yang semakin luas di kancah nasional hingga global," ungkapnya.

BACA JUGA:Gelar Kegiatan Peduli Anak Sekolah, UID S2JB Upayakan Pemenuhan Kebutuhan Peralatan Sekolah

Sementara Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications E-commerce Tokopedia dan ShopTokopedia menambahkan, Tokopedia dan ShopTokopedia menyadari bahwa untuk mengembangkan digitalisasi, perlu menjangkau pihak di bagian hulu, khususnya pada kopi sebagai komoditas yang memiliki performa baik di platform Tokopedia.

"Melalui pelatihan pascapanen dan peningkatan mutu biji kopi yang bekerja sama dengan SCOPI dan Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat, kami berharap semakin banyak pahlawan ekonomi yang muncul di industri kopi Indonesia,” jelas dia.

Selain pelatihan, Tokopedia dan ShopTokopedia juga memberikan edukasi gratis kepada para pelaku usaha melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy. Inisiatif ini diharapkan dapat mendukung pengembangan UMKM kopi di Lahat dan Sumsel.

BACA JUGA:BKPSDM Palembang Gelar Penilaian Kompetensi Fungsional Ahli Muda

Tokopedia dan ShopTokopedia terus menggencarkan kampanye produk kopi lokal melalui berbagai inisiatif, seperti Tokopedia Coffee Fest, Beli Lokal, dan Tokopedia NYAM! yang mempermudah masyarakat untuk belanja produk dari brand lokal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: