KIM Diharapkan Mampu Menjadi Fasilitator Bagi Masyarakat Sebagai Mitra Pemerintah Daerah

KIM Diharapkan Mampu Menjadi Fasilitator Bagi Masyarakat Sebagai Mitra Pemerintah Daerah

Maksimalkan peran KIM, Pemkab Muba gelar sosialisasi.-@kominfomuba-dokumen/palpos

SEKAYU, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Muba.

Mengadakan Sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Sosialisasi tersebut, dilaksanakan pada Selasa 30 Juli 2024 bertempat di Auditorium Pemkab Muba.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MHum, secara resmi membuka sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM).

Turut dihadiri oleh, Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Triana Sandi Fahlepi, Para Camat dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Muba.

BACA JUGA:Ikut Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah Triwulan I, Pj Bupati Muba Paparkan 10 Indikator Prioritas

BACA JUGA:Musi Banyuasin Bangga: Kuyung Kupek Muba Berjaya di Malam Pemilihan Putra-Putri Sriwijaya 2024

Pada kesempatan ini Andi Wijaya mengatakan, diadakannya sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) ini, dapat menjadi pengembangan diri pada lingkungan pemerintahan maupun lingkungan sosial serta merupakan bagian penting bagi kebutuhan nasional.

Sosialisasi ini merupakan segala bentuk sarana, saluran, channel (media) dengan tujuan agar informasi dapat terpublikasi dengan baik.

KIM juga merupakan komunitas yang dibentuk oleh, dari, untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya banyak melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat, dalam rangka meningkatkan nilai tambah serta pembentukan susunan dan keanggotaan forum koordinasi KIM di Kabupaten Muba pada kegiatan penyelenggaraan hubungan masyarakat, media dan kemitraan komunitas.

"Artinya kehadiran kepengurusan KIM di Kabupaten Muba, bisa menjadi penyambung informasi dari Pemerintah kepada Masyarakat umum dan sebaliknya. Sehingga diharapkan dapat menangkal dis-informasi dan bisa juga menggali potensi wilayah agar kabupaten Muba bisa lebih baik dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini,"katanya.

BACA JUGA:Ngopi Bareng dengan Awak Media Muba, Ini yang disampaikan Kapolres Muba

BACA JUGA:Kejari Muba Kawal Pembangunan Nasional Serta Ingatkan Aturan- Aturan Hukum yang Ada

Sambungnya, Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) memiliki peran untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat serta mampu memberdayakan Kelompok dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi. Serta sebagai sarana peningkatan literasi di bidang informasi, media massa dan teknologi komunikasi, serta sebagai lembaga yang memiliki nilai tambah ekonomi.

"Untuk itu, melalui kesempatan sosialisasi  ini, kami atas nama Pemerintah  Kabupaten Musi Banyuasin berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti acara sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh. Serta dapat melakukan tugas, peran dan fungsi dari komunitas ini disetiap perangkat daerah/organisasi dengan semaksimal mungkin dalam pelayanan kepada masyarakat. Serta kepada seluruh perangkat daerah, kepala bagian, camat dan organisasi diharapkan memahami arti dari Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) ini, sehingga dapat maksimal dalam menjalankan tugas,"ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP di wakili oleh Sekretaris Dinkominfo Daud Amri SH menyampaikan, maksud dan tujuan dengan adanya sosialisasi KIM ini, untuk mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi. Memberdayakan masyarakat melalui diskusi antar anggota sehingga dapat memilih informasi yang di butuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat.
Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antar kelompok/masyarakat maupun dengan pihak pemerintah sehingga tercipta kerjasama dan kebersamaan.

"Kedepanya kita berharap melalui sosialisasi KIM di lingkungan Kabupaten Muba tahun 2024 ini, seluruh Perangkat Daerah, Kepala Bagian, Camat, PKK, DWP dan rekan-rekan semua dapat berkomunikasi dalam pengelolaan informasi publik yang baik dan benar,"tuturnya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: