Bangun Sinergitas, Bawaslu Prabumulih Ajak Wartawan Awasi Peserta dan Penyelenggara Pilkada

Bangun Sinergitas, Bawaslu Prabumulih Ajak Wartawan Awasi Peserta dan Penyelenggara Pilkada

Bangun Sinergitas, Bawaslu Prabumulih Ajak Wartawan Awasi Peserta dan Penyelenggara Pilkada-Foto: PRABU/PALPOS.ID-

BACA JUGA:Sempat Alot dan Memanas, Wedi Saputra Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua KONI Prabumulih

Menurut Lia Siska Indriani, sosialisasi tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada wartawan tentang pentingnya peran wartawan dan media terhadap eksistensi demokrasi di Indonesia. 

"Kegiatan ini juga bertujuan mengajak awak media, untuk bersinergi bersama penyelenggara sebagai komitmen untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap isu-isu yang beredar dan informasi-informasi yang berkembang," ucapnya.

Lia Siska Indriani menambahkan bahwa, media memiliki peran strategis dalam meredam isu-isu yang dapat berpotensi menimbulkan konflik serta dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. 

"Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap wartawan tidak hanya mengawasi peserta pemilu tetapi juga mengawasi penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu," ujarnya.

BACA JUGA:Inspeksi Mendadak, Dewas RSUD Prabumulih: Dahulukan Pelayanan dari Administrasi

BACA JUGA:Membangun Semangat Pemuda, KNPI Prabumulih Gelar Seminar Kepemudaan

Sementara itu, narasumber dari PWI Sumsel, Anwar Raswan, dan Eva Yuliana dari Akademi Pemilu dan Demokrasi Korda Kota Palembang, juga memberikan materi mengenai peran media dalam pengawasan partisipatif. 

Anwar Raswan menekankan pentingnya integritas dan independensi wartawan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawas partisipatif. 

"Wartawan harus menjaga integritas dan independensinya dalam menjalankan tugas pengawasan ini agar dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pelaksanaan Pilkada," katanya.

Eva Yuliana menambahkan bahwa edukasi kepada masyarakat melalui media sangat penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. 

BACA JUGA:Pj Wako Prabumulih, Kapolres, Forkopimda Hingga Tokoh Agama Deklarasikan Pilkada 2024 Damai

BACA JUGA:Tiga Tahun Akuntanbilitas Kinerja Pemkot Prabumulih Raih Nilai “B”, Pj Wako: Kalu Bisa Naik Sedikit Jadilah

"Media memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. 

Dengan informasi yang tepat dan berimbang, masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya peran mereka dalam pengawasan pemilu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: