Airlangga Hartarto Mundur dari Ketua Umum Golkar: Bahlil Lahadalia Muncul sebagai Kandidat Kuat

Airlangga Hartarto Mundur dari Ketua Umum Golkar: Bahlil Lahadalia Muncul sebagai Kandidat Kuat

Airlangga Hartarto Mundur dari Ketua Umum Golkar: Bahlil Lahadalia Muncul sebagai Kandidat Kuat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Agus dianggap memiliki peluang besar untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum, sebelum proses pemilihan definitif digelar.

Namun, persaingan internal Golkar diperkirakan akan semakin sengit. 

BACA JUGA:Airlangga Hartarto Mundur dari Ketum Golkar: Kahar Muzakir Sah Jadi Plt Ketua Umum Partai Beringin

BACA JUGA:Airlangga Hartarto Mundur dari Ketum Golkar: Adakah Kepentingan Istana di Balik Langkah Tersebut?

Dengan berbagai kepentingan dan faksi yang ada di dalam partai, keputusan siapa yang akan menjadi Plt Ketua Umum hingga Ketua Umum definitif tidak akan mudah dicapai. 

Zulfikar Arse Sadikin, Ketua Bidang Organisasi DPP Golkar, menegaskan bahwa proses penunjukan Plt harus sesuai dengan mekanisme yang berlaku dalam partai, yaitu melalui rapat pleno dan mengacu pada Peraturan Organisasi Nomor 08/2020 tentang Pergantian Antar Waktu.

Mekanisme Penunjukan Plt Ketum Golkar

Dalam peraturan tersebut, dijelaskan bahwa pengisian jabatan Plt Ketua Umum harus mengacu pada Petunjuk Pelaksana (Juklak) Nomor 01/2020 tentang Tata Kerja DPP Partai Golkar. 

Berdasarkan aturan ini, Plt Ketua Umum diisi oleh Koordinator Bidang Kepartaian, yang saat ini dijabat oleh Kahar Muzakir.

"Dari aturan-aturan tersebut, serta kelaziman yang berlaku selama ini, Plt Ketua Umum DPP Partai Golkar adalah Koordinator Bidang Kepartaian," jelas Zulfikar. 

Oleh karena itu, ia menyatakan bahwa Kahar Muzakir adalah sosok yang paling layak untuk mengisi posisi Plt Ketua Umum Golkar hingga terpilihnya Ketua Umum yang baru.

Keputusan ini, menurut Zulfikar, diharapkan dapat diterima oleh seluruh pengurus dan kader Partai Golkar di seluruh Indonesia. 

"Hal ini semoga dapat dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh pengurus dan kader Partai Golkar," tegasnya.

Munaslub Golkar: Tahapan Menuju Kepemimpinan Baru

Meskipun rapat pleno akan menetapkan Plt Ketua Umum, kepemimpinan definitif Partai Golkar baru akan ditentukan dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang rencananya akan digelar dalam beberapa bulan mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: