Telkomsel Hadirkan Pemanfaatan Teknologi 5G Standalone Pertama di Indonesia

Telkomsel Hadirkan Pemanfaatan Teknologi 5G Standalone Pertama di Indonesia

Telkomsel Hadirkan Pemanfaatan Teknologi 5G Standalone Pertama di Indonesia--humas telkomsel

JAKARTA, PALPOS.ID– Menyambut Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Telkomsel kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung transformasi digital nasional dengan meluncurkan pemanfaatan teknologi 5G Standalone (5G SA) pertama di Indonesia.

Inisiatif ini dihadirkan di beberapa lokasi strategis, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN), Bali, dan Maluku Utara, sebagai bagian dari upaya Telkomsel untuk mendorong inovasi dan kemajuan bangsa.

Pemanfaatan 5G SA oleh Telkomsel ini mencakup beragam aplikasi teknologi canggih yang dirancang untuk mendukung berbagai sektor industri.

Di IKN, Telkomsel memperkenalkan 5G Live Broadcast dan Smart Glasses yang digunakan untuk menyiarkan rangkaian upacara kemerdekaan RI dengan kualitas tinggi.

BACA JUGA:iPhone 14: Pilihan Cerdas dengan Performa Kuat dalam Desain Kompak

Selain itu, teknologi 5G juga digunakan untuk mendukung Smart City Command Center, serta berbagai solusi berbasis 5G lainnya di Rumah Teknologi Nusantara.

Di Bali, Telkomsel menghadirkan konsep pelabuhan pintar (Smart Port) di Pelabuhan Benoa, yang mengintegrasikan teknologi Cloud Phone, perangkat Redcap, dan kecerdasan buatan (AI) dengan jaringan 5G untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi operasional pelabuhan.

Sementara itu, di Maluku Utara, Telkomsel memperkenalkan 5G Smart Helmet untuk para pekerja di Halmahera, yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk menjaga keselamatan dan meningkatkan koordinasi di lapangan.

Dalam proyek ini, Telkomsel berkolaborasi dengan mitra teknologi global seperti Ericsson, Huawei, dan ZTE untuk mengimplementasikan 5G SA di Indonesia.

BACA JUGA: iPhone 15 Plus: Inovasi dan Peningkatan Terbaru dalam Seri iPhone 15

Teknologi 5G SA memungkinkan jaringan beroperasi secara mandiri tanpa bergantung pada jaringan 4G, sehingga menghasilkan koneksi internet yang lebih cepat, stabil, dan dengan latensi rendah.

Hal ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan spesifik industri, seperti bandwidth tinggi dan latensi rendah.

Indra Mardiatna, Direktur Network Telkomsel, menyampaikan kebanggaannya atas kontribusi Telkomsel dalam memajukan teknologi di Indonesia.

"Kami sangat bangga dapat berkontribusi dalam perjalanan bangsa menuju masa depan yang lebih gemilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: