Polres OKU Gelar Sispamkota Antisipasi Konflik Jelang Pilkada 2024

Polres OKU Gelar Sispamkota Antisipasi Konflik Jelang Pilkada 2024

Anggota Polres OKU mengikuti simulasi Sispamkota menghadapi Pilkada 2024, Kamis. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Polres Ogan Komering Ulu (OKU), menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dengan melibatkan 250 personel guna mengatasi konflik pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di daerah itu.

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni, Kamis 22 Agustus 2024 mengatakan bahwa pelatihan pengendalian massa (Dalmas) Sispamkota yang digelar di area Terminal Batukuning tersebut bertujuan untuk mempersiapkan mental personel dalam mengamankan Pilkada 2024.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam persiapan pengamanan Pilkada di OKU," katanya.

Pelatihan tersebut dengan menyimulasikan situasi rusuh ketika ada sekelompok massa yang menuntut perhitungan ulang atau menolak hasil keputusan KPU dalam Pilkada serentak 2024.

"Pentingnya simulasi ini sebagai langkah antisipatif terhadap situasi darurat yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten OKU," jelasnya.

BACA JUGA:Warga OKU Diimbau Manfaatkan Program Pemutihan Pajak Sebaik-baiknya

BACA JUGA:Dinkes OKU Ingatkan Warga Hindari Konsumsi Air Sungai Untuk Cegah Diare

Dalam simulasi tersebut, Polres OKU melibatkan personel dengan peralatan lengkap, termasuk menggunakan mobil taktis dan AWC.

Selama simulasi itu pun pihaknya melibatkan masa aksi yang akan bergerak menyerupai aksi sesungguhnya, sehingga dapat menilai kemampuan dan persiapan personel secara lebih baik.

Seluruh personel yang terlibat dalam pelatihan tersebut dilatih untuk mengendalikan situasi, terutama pengamanan darurat di dalam kota. "Hasil dari latihan para personel hari ini dapat dianggap cukup baik," ujarnya.

Kapolres menekankan seluruh anggota Polres OKU agar siap dalam menghadapi pengamanan Pilkada 2024, termasuk menjalin komunikasi yang baik dengan stakeholder terkait di wilayah itu.

"Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan selama proses Pilkada 2024 dan memastikan masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: