Operasional Terganggu dan Pendapatan Berkurang, Perumda Tirta Prabujaya Layangkan Surat ke PLN

Operasional Terganggu dan Pendapatan Berkurang, Perumda Tirta Prabujaya Layangkan Surat ke PLN

Operasional Terganggu dan Pendapatan Berkurang, Perumda Tirta Prabujaya Layangkan Surat ke PLN-Foto: PRABU/PALPOS.ID-

Selain tantangan dari sisi sumber air kata Fajar C Ardhana, Perumda Tirta Prabujaya juga harus berhadapan dengan seringnya pemadaman listrik yang dilakukan oleh PT PLN Prabumulih. 

Pemadaman listrik ini berdampak langsung pada operasional PDAM Tirta Prabujaya, terutama dalam hal distribusi air bersih ke pelanggan. 

BACA JUGA:Pastikan Kelancaran Tugas-Tugas, Pj Walikota Prabumulih Akan Tunjuk Plt Kepala BKPSDM

BACA JUGA:Satgas Ilegal Drilling Prabumulih Berhasil Gagalkan Pengiriman 8 Ribu Liter BBM Tanpa Dokumen dari Muba

Menurut Fajar, seringnya pemadaman listrik akhir-akhir ini telah menyebabkan gangguan serius pada distribusi air, yang berdampak pada penurunan pendapatan perusahaan. 

"Sering terjadinya pemadaman (listrik) oleh PLN akhir-akhir ini, berdampak pada operasional Perumda Tirta Prabujaya terhadap pelanggan," ucapnya.

Fajar menjelaskan bahwa pemadaman listrik tidak hanya menyebabkan gangguan distribusi air, tetapi juga menimbulkan kerusakan pada infrastruktur PDAM. 

Salah satu masalah yang dihadapi adalah terjadinya kebocoran pipa transmisi dan distribusi akibat fenomena water hammer atau aliran balik air yang terjadi ketika aliran listrik tiba-tiba terputus. 

BACA JUGA:Ratusan Anggota APM Kembali Unjuk Rasa di Kantor Pertamina Hulu Rokan Zona 4

BACA JUGA:Pj Walikota Prabumulih Wujudkan Janji Bangun Jaringan Air Bersih ke Rutan Prabumulih

"Dengan matinya aliran listrik secara tiba-tiba akan terjadi aliran balik (water hammer), ini bisa membuat kebocoran," imbuhnya.

Lebih lanjut, Fajar menambahkan bahwa pemadaman listrik yang tiba-tiba juga sering kali merusak peralatan pompa dan instalasi kelistrikan di berbagai instalasi milik PDAM Tirta Prabujaya. 

“Kerusakan ini tidak hanya menambah biaya perbaikan, tetapi juga mengurangi efektivitas operasional perusahaan dalam menyediakan air bersih bagi Masyarakat,” keluh pria penghobi tanaman bonsai ini.

Menghadapi situasi yang semakin sulit ini, PDAM Tirta Prabujaya telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak negatif dari pemadaman listrik dan menipisnya debit air Sungai Lematang. 

BACA JUGA:Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Rayakan HUT ke-79 RI dengan Semangat Inovasi dan Ketahanan Energi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: