Meriahkan HUT RI ke-79, Sebanyak 45 Bidar Berkompetisi di Sungai Babatan Pedamaran

Meriahkan HUT RI ke-79, Sebanyak 45 Bidar Berkompetisi di Sungai Babatan Pedamaran

45 Bidar Berkompetisi di Sungai Babatan Pedamaran-Foto : Diansyah/Palpos-

KAYUAGUNG,PALPOS.ID - Mengadu kekuatan dan kecepatan, sebanyak 45 peserta bidar berkompetisi di Sungai Babatan Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI, Minggu, 25 Agustus 2024.

Ketua Panitia Pelaksana, Rapi Popon Sutowo mengatakan, jumlah peserta seharusnya ada 48 Bidar, tetapi 3 peserta lainnya tidak datang.

"Lomba bidar ini digelar untuk menyemarakkan HUT RI ke-79. Dimana, dalam 1 bidar berisikan 12 orang dengan ukuran bidar sepanjang 12 meter," ungkapnya.

Ia menambahkan, juara I akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp6 juta dan piala bergilir. Juara II, uang Rp4 juta dan piala; Juara III, uang Rp2 juta dan piala; Juara IV, uang Rp1 juta dan piala.

BACA JUGA:Dies Natalis ke-17, Universitas Islam OKI Umumkan Rencana Tambah Prodi Baru

BACA JUGA:Kapolres OKI : Operasi Mantap Praja Musi, Langkah Kongkrit Polri Ciptakan Situasi Kondusif Pilkada 2024

"Perlombaan bidar ini murni terselenggara menggunakan dana pribadi. Kemudian, ada bantuan sponsor dari Rokok Matra dan Toko Sarliandi. Kegiatan digelar untuk mempertahankan tradisi," ujarnya.

Dikatakannya lagi, mereka berharap, ke depan ada dana khusus yang disiapkan oleh desa-desa di Kecamatan Pedamaran untuk perlombaan bidar.

"Kalau ada dana, Insya Allah perlombaan bidar akan berjalan terus. Lalu, harapan kita kepada para peserta dapat berlomba dengan sportif dan mematuhi aturan yang sudah disebar," tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Pedamaran V, Erson menjelaskan, acara terlaksana berkat kekompakkan para anak Karang Taruna Desa Pedamaran V. Kemudian, berkat perangkat desa dan tokoh masyarakat.

BACA JUGA:Tampilkan Seni Tradisi dengan Cara Baru, BPK Sumsel Ajak Mahasiswa Uniski Tonton Video Art

BACA JUGA:69 Hektare Lahan Milik PTPN 1 Regional 7 Diserahkan untuk Tol Indralaya-Muaraenim

"Saya juga mengucapkan terimakasih terhadap beberapa donatur. Ada Toko Sarliandi dan Rokok Matra yang telah mempersiapkan hadiah trofi dan uang tunai," imbuhnya.

Masih katanya, lomba Bidar penting diadakan untuk mempertahankan adat budaya masyarakat Pedamaran, dan diharapkan dapat terus berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: