Sah! Kopi Robusta Lahat Ditetapkan Sebagai Indikasi Geografis

Sah! Kopi Robusta Lahat Ditetapkan Sebagai Indikasi Geografis

--

BACA JUGA:Wujud Digitalisasi, Kemenkumham Sumsel Musnahkan 83 Ribu Arsip

Dalam konteks perlindungan hukum, pencatatan sebagai IG memastikan bahwa nama “Kopi Robusta Lahat” tidak dapat digunakan secara sembarangan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.

Hal ini memberikan jaminan kepada konsumen bahwa mereka membeli produk yang asli dan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Dengan demikian, status IG ini berfungsi sebagai alat untuk melindungi hak-hak produsen lokal sekaligus menjaga integritas produk.

Kopi Robusta Lahat kini dapat menikmati manfaat tambahan dari status IG-nya, termasuk kemungkinan untuk mendapatkan sertifikasi tambahan dan promosi di berbagai platform.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Ikuti Webinar Series Pengembangan Karier PNS untuk Penguatan Kompetensi ASN

BACA JUGA:Tingkatkan Kompetensi, Kemenkumham Sumsel ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional

Ini bisa mencakup partisipasi dalam pameran internasional, kerjasama dengan distributor global, dan upaya pemasaran yang lebih terarah untuk meningkatkan visibilitas produk di pasar global.

Selain itu, status IG dapat berfungsi sebagai daya tarik tambahan bagi para wisatawan dan pecinta kopi yang ingin menikmati keunikan dan kekayaan rasa Kopi Robusta Lahat.

Dengan terdaftarnya Kopi Robusta Lahat sebagai Indikasi Geografis, diharapkan daerah ini dapat terus melestarikan dan meningkatkan kualitas produknya, serta mendapatkan keuntungan ekonomi yang lebih besar dari perdagangan kopi.

Selain itu, pengakuan ini juga menegaskan pentingnya tradisi dan kearifan lokal dalam produksi kopi, yang merupakan bagian integral dari identitas dan budaya masyarakat Kabupaten Lahat.

BACA JUGA:Lantik Pejabat Manajerial, Kakanwil Kemenkumham Sumsel : ASN Harus SIAP

BACA JUGA:Atasi Over Kapasitas, Kemenkumham Sumsel Siapkan Pembangunan Baru Lapas Pagaralam

Secara keseluruhan, pencatatan Kopi Robusta Lahat sebagai IG merupakan langkah maju yang signifikan dalam melindungi dan mempromosikan produk lokal yang berkualitas tinggi.

Dengan dukungan dari pemerintah dan berbagai pihak terkait, diharapkan Kopi Robusta Lahat dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang luas bagi komunitas lokal serta berkontribusi pada ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: