Peringatan Hari UMKM Nasional 2024: Pj Gubernur dan Menteri Koperasi Bahas Tranformasi dan Pembangunan UMKM

Peringatan Hari UMKM Nasional 2024: Pj Gubernur dan Menteri Koperasi Bahas Tranformasi  dan Pembangunan UMKM

--

SUMSEL, PALPOS.ID-Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (SUMSEL) Elen Setiadi, S.H., M.S.E, bersama Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia (RI) Teten Masduki, menghadiri puncak peringatan Hari UMKM Nasional 2024 yang diadakan di Dining Hall Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Kamis malam (5/9/2024).

Acara ini menandai puncak dari rangkaian perayaan yang mengusung tema “UMKM Maju Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas.”

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Elen Setiadi menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya Sumsel sebagai tuan rumah puncak peringatan Hari UMKM Nasional.

Ia memulai sambutannya dengan memberikan apresiasi kepada Menteri Teten dan para tamu undangan yang datang dari seluruh penjuru Indonesia.

BACA JUGA: Sumatera Selatan Menampilkan Kerajinan Budaya di Expo UMKM HUT ke-44 Dekranas 2024

BACA JUGA:Surat Jalan dari Balai Karantina Sumsel Kini Gratis: Sertifikat Bisa Diurus Online dengan Mudah

“Saya mewakili pemerintah provinsi Sumatera Selatan memberikan sambutan hangat kepada Bapak Menteri beserta jajarannya dan para tamu undangan. Selamat datang di Bumi Sriwijaya,” kata Elen dengan penuh semangat.

Elen Setiadi menekankan bahwa peringatan Hari UMKM Nasional adalah bentuk penghargaan kepada pelaku UMKM yang telah memberikan kontribusi besar bagi perekonomian bangsa.

Menurutnya, pelaku UMKM merupakan tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi nasional karena mereka berperan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

“UMKM berperan besar dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. Mereka juga menjadi penopang stabilitas sistem keuangan dan perekonomian,” ungkap Elen.

BACA JUGA:PWNA Sumsel dan KPPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Program Rencana Aksi Desa

BACA JUGA:Sumsel Fokus pada Pemberantasan Korupsi: Sosialisasi Percontohan Antikorupsi di Palembang dan Musi Rawas

Elen Setiadi merinci data penting mengenai UMKM di Sumsel. Berdasarkan Sistem Informasi Data Tunggal, jumlah pelaku UMKM non-pertanian di Sumsel mencapai 546.724, meliputi berbagai sektor usaha seperti kuliner, fashion, kriya, kerajinan, dan industri pengolahan.

Selain itu, sektor pertanian juga mencatat lebih dari 1,2 juta pelaku UMKM, dengan total penyerapan tenaga kerja mencapai 3,3 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: