Sanggupkah Mobil Listrik Melintasi Banjir dan Genangan Air?

Sanggupkah Mobil Listrik Melintasi Banjir dan Genangan Air?

Sanggupkah Mobil Listrik Melintasi Banjir dan Genangan Air? . foto: @facebook_EV Insight Indonesia--

BACA JUGA:Chery Rilis Omoda 5 Facelift di Rusia, Apa Saja Perubahan Besarnya?

Jika ketinggian air melebihi batas ini, sangat disarankan untuk mencari rute alternatif atau menunggu hingga air surut.

Risiko kerusakan tetap ada, terutama jika air menggenangi bagian vital dari sistem kelistrikan, seperti baterai atau motor listrik, yang bisa mengakibatkan korsleting atau kerusakan permanen.

Hal ini juga berlaku pada kondisi banjir yang parah, di mana air menggenang lebih dari batas aman. Dalam kondisi tersebut, sebaiknya mobil listrik tidak dipaksakan untuk melintas.

Jika dilanggar, Anda harus siap menghadapi konsekuensi finansial yang cukup berat, karena perbaikan komponen kelistrikan mobil listrik biasanya memerlukan biaya yang tinggi.

BACA JUGA:BMW E30: Dari Lintasan Balap ke Layar Perak, Ikon yang Abadi

BACA JUGA:Suzuki Sidekick: Sang Legenda SUV Entry-Level yang Tetap Dicintai dari Era 90-an

Sebagai pengendara mobil listrik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menghadapi banjir. Pertama, sebelum melewati genangan air, pastikan bahwa mobil dalam kondisi prima.

Ini termasuk memeriksa kondisi baterai dan sistem kelistrikan secara berkala. Jika Anda tidak yakin dengan kondisi kendaraan, lebih baik hindari jalan yang tergenang air.

Kedua, meskipun mobil listrik umumnya lebih aman saat melintasi genangan air, tetap lakukan perawatan lanjutan setelah melewati banjir.

Misalnya, periksa kembali sistem kelistrikan, baterai, dan bagian bawah mobil untuk memastikan tidak ada kerusakan yang tersembunyi. Ini penting agar kendaraan tetap dalam kondisi optimal dan siap digunakan kembali.

BACA JUGA:Genesis G80 Electrified: Sedan Mewah Ramah Lingkungan di Balik Kesuksesan KTT G20 Bali

BACA JUGA:RIDDARA, Pikap Listrik Masa Depan: Teknologi Mutakhir untuk Pecinta Alam dan Petualangan

Ketiga, jika mobil listrik Anda terpaksa harus melewati banjir atau bahkan sempat terendam air, segera hubungi pihak asuransi untuk melaporkan kejadian tersebut.

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan untuk kerusakan akibat banjir, tetapi pelaporan segera setelah kejadian adalah langkah penting untuk memastikan klaim asuransi dapat diproses dengan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: