PMI OKI Peringati HUT ke-79 : Targetkan Pengumpulan Darah Hingga 50 Kantong!

PMI OKI Peringati HUT ke-79 : Targetkan Pengumpulan Darah Hingga 50 Kantong!

PMI OKI Targetkan 50 Kantong Darah Terkumpul!-Foto : Diansyah-

KAYUAGUNG,PALPOS.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar kegiatan bakti sosial donor darah, Jum'at, 27 September 2024.

Sekretaris PMI OKI, Sirni Lestari mengatakan, dalam kegiatan tersebut, pihak mereka menargetkan mendapat 50 kantong darah.

"Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati HUT PMI ke-79 yang jatuh pada tanggal 17 September 2024 lalu," ungkapnya.

Ia menambahkan, donor darah itu diikuti oleh seluruh elemen masyarakat di wilayah OKI atau terbuka untuk umum. Dimulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

BACA JUGA:Kodim 0402/OKI Membersihkan Sampah Pasar Rakyat Kayuagung

BACA JUGA:Berprestasi : Pemkab OKI Berikan Apresiasi 28 Atlet dan Pelatih!

"Dengan adanya kegiatan donor ini, kita berharap dapat memenuhi kebutuhan darah di wilayah OKI. Nanti kalau sudah terkumpul, akan kita serahkan ke Bank Darah RSUD Kayuagung," ujarnya.

Dikatakannya lagi, jenis golongan darah yang cepat habis ialah A,B dan O. Sementara untuk darah yang agak sulit adalah golongan AB.

"Yang ada susah habis, sedangkan yang tidak ada sukar dicari. Ada susah habis karena jarang," tuturnya.

Masih kata dia, terkait kendala dalam pengumpulan darah, terjadi pada bulan Januari hingga April lalu. Dimana saat itu anggaran sedang kosong.

BACA JUGA:DPT Pilkada OKI 2024 Alami Kenaikan, Capai 577.241 Jiwa!

BACA JUGA:45 Anggota DPRD OKI Terpilih Periode 2024-2029 Resmi Dilantik!

"Oleh karena itu, kita sulit untuk merealisasikan kegiatan di lapangan.  Anggaran kita dari APBD, biasanya keluar April atau Mei. Setiap tahun pasti terjadi, kalau sekarang sudah jalan," imbuhnya.

Disinggung adakah rencana penambahan personil, alkes, dan gedung? menurutnya, untuk menambahkan ketiga hal itu biayanya miliaran, tapi bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: